Lampaui Apple, Xiaomi Jadi Smartphone Global Ke-2 Untuk Pertama Kali

Pencapaian Xiaomi untuk pertama kalinya ini dicatatkan dalam laporan pasarsmartphoneglobal Q2 2021 oleh firma riset Canalys.

Dinar Surya Oktarini
Jum'at, 16 Juli 2021 | 12:45 WIB
Pencapaian Xiaomi Global. (Xiaomi)

Pencapaian Xiaomi Global. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, naik peringkat ke nomor dua global melampaui Apple dengan pangsa pasar 17% dan pertumbuhan 83% year-on-year. Laporan yang sama menyebut bahwa kini tujuan Xiaomi yang baru adalah menggantikan Samsung yang berada di peringkat paling atas.

Pencapaian Xiaomi untuk pertama kalinya ini dicatatkan dalam laporan pasar smartphone global Q2 2021 oleh firma riset Canalys. Canalys melalui laporan ini menjelaskan bahwa Xiaomi kini mengalami transformasi model bisnis dari penantang (challenger) menjadi petahana (incumbent) melalui inisiatif seperti konsolidasi mitra di channel penjualan serta manajemen yang lebih rapi.

Dalam surat kepada seluruh karyawan, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun menegaskan bahwa menjadi nomor 2 global merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan Xiaomi. Lei Jun melanjutkan bahwa Xiaomi akan memperkuat kemampuan utamanya untuk memastikan diri sebagai brand smartphone kedua terbesar di dunia.

Baca Juga: Pengusaha Pemula, Begini Cara Membuat Website Toko Online

Pada Q4 2020, pengapalan smartphone global Xiaomi mencapai 43,4 juta unit atau tumbuh 31,5% YoY, melampaui Apple untuk pertama kalinya dan kembali ke peringkat tiga dunia. Sementara pada Q1 2021, Apple naik ke peringkat kedua dengan pangsa pasar 15%, ditempel ketat oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 14%. Pada periode tersebut pengapalan smartphone Xiaomi mencapai 49,4 juta unit dengan pertumbuhan 69,1% YoY.

Pencapaian Xiaomi Global. (Xiaomi)
Pencapaian Xiaomi Global. (Xiaomi)

Sejak Xiaomi meluncurkan smartphone flagship pertamanya, seri Mi 10, sejumlah inovasi di teknologi penting telah dilakukan seperti layar, pencitraan, pengisian daya, manufaktur pintar, dan lainnya. Xiaomi berinvestasi untuk mencapai terobosan pada pasar premium untuk menghadirkan teknologi maju kepada konsumen, dan memandu arah industri.

Xiaomi menjadi pihak pertama yang menghadirkan teknologi terdepan dalam industri ke pasar. Dalam teknologi kamera, Xiaomi memperkenalkan kamera 108MP dengan sensor GN2 serta teknologi liquid lens yang inovatif. Dalam hal teknologi layar, Xiaomi menjadi perintis dalam mengembangkan teknologi kamera bawah layar generasi ketiga. Xiaomi juga menjadi pemimpin dalam hal pengisian baterai, mewujudkan pengisian daya menggunakan kabel hingga 200W dan pengisian daya nirkabel 120W untuk pertama kalinya. Sebagai tambahan, Xiaomi juga menjadi yang pertama dalam memperkenalkan baterai lithium-ion berbasis graphene serta generasi kedua baterai silicon oxygen.

Baca Juga: Bisa Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Kekurangan WordPress

Sebagai tambahan, fase pertama dari pabrik pintar Xiaomi telah beroperasi. Lini produksinya berjalan otomatis dan mampu merakit jutaan smartphone high-end setiap tahun, tempat tersebut juga menghubungkan laboratorium besar yang memungkinkan Xiaomi untuk meneliti material dan teknologi baru, sekaligus menguji proses produksi yang menggunakan teknologi canggih.

Inovasi merupakan bagian dari budaya Xiaomi, untuk itu investasi sebesar 10 miliar yuan untuk riset dan pengembangan pada tahun 2020, tahun ini angka tersebut diharapkan naik 30-40%. Pada awal tahun 2021, Xiaomi mengumumkan rencana perekrutan engineer terbesar dalam sejarah perusahaan: 5.000 engineer dalam setahun yang akan menempati 20% porsi dari total karyawan. Pada saat yang sama, Xiaomi juga meluncurkan sejumlah inisiatif untuk memberi insentif atas inovasi yang dihasilkan oleh karyawan.

Ekspansi global dari Xiaomi begitu pula dengan transformasi channel ritel menjadi pendorong utama dalam menjadikannya sebagai produsen smartphone nomor dua dunia. Menurut data terbaru dari Canalys, Xiaomi berekspansi secara agresif di pasar internasional, mencapai 300% YoY di pasar Amerika Latin, lebih dari 150% YoY pertumbuhan di pasar Afrika, dan lebih dari 50% YoY pertumbuhan di pasar Eropa Barat. Pada Q1 2021, smartphone Xiaomi telah masuk ke 100 pasar di dunia, menempati peringkat pertama pada pangsa pasar di 12 pasar dan peringkat kedua di Eropa. Sedangkan untuk pasar India, Xiaomi menempati peringkat pertama dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Cara Menggunakan Whatsapp Business untuk Pengguna Toko Online

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak