Gadget

Windows 11 Jalankan Aplikasi Android, Microsoft Gandeng Amazon Bukan Google

Microsoft menyiapkan beragam alternatif layanan Google?

Agung Pratnyawan

Windows 11. (Microsoft)
Windows 11. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft telah resmi mengumumkan sistem operasi baru Windows 11, yang diklaim nantinya bisa menjalankan aplikasi Android.

Namun bukannya menggandeng Google yang menangani Android, Microsoft malah menggandeng Amazon untuk menghadirkan banyak layanan.

Untuk mengembangkannya, Microsoft bekerja sama dengan Amazon untuk membawa Amazon Appstore ke Windows 11 menggunakan Intel Bridge, sebuah teknologi yang memungkinkan aplikasi Android berjalan di platform PC.

Meskipun perusahaan tidak menjual ponsel Android lagi, hal ini membuktikan bahwa perusahaan sangat peduli dalam mengembangkan sistem operasi Android.

Sebagaimana dilaporkan Android Central, dikutip pada Minggu (4/7/2021), Microsoft mengalihkan strateginya untuk mengembangkan cloud di bawah kepemimpinan CEO Satya Nadella.

Selain itu, Satya Nadella juga mengembangkan program jangka panjang dengan Samsung dengan memberikan aplikasi bawaan Microsoft seperti Office, OneDrive, dan LinkedIn di semua produk Galaxy.

Hasilnya, kemitraan ini berjalan dengan baik. Tercatat Samsung menjual lebih dari 250 juta ponsel per tahun, otomatis jumlah itu juga berlaku untuk aplikasi Microsoft yang ada di produk perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Aplikasi Android di Windows 11. (Microsoft via The Verge)
Aplikasi Android di Windows 11. (Microsoft via The Verge)

Microsoft memang gagal mengubah sistem operasi Windows Phone ke dalam bentuk smartphone, tapi mereka berhasil menciptakan model yang memungkinkan semua layanannya muncul di Android dan iOS seolah Microsoft jadi platform pihak pertama.

Misalnya, pengguna Android kini bisa mengubah aplikasinya menjadi ponsel Microsoft.

Mereka bisa menggunakan OneDrive untuk menggantikan Google Drive, Microsoft Edge sebagai pengganti Google Chrome.

SMS Organizer untuk pengganti Android Messages, Outlook untuk gantikan Gmail, Office Suite untuk produktivitas, hingga Microsoft Launcher.

Neil Shah selaku peneliti di Counterpoint Research menyebut, Microsoft sekarang dapat menyatukan ponsel dan PC.

Mmirip dengan Apple, satu-satunya perusahaan teknologi yang berhasil mengembangkan ekosistem tersebut.

Berawal dari kemitraan dengan Samsung pada 2019, Microsoft menciptakan sebuah platform bernama Microsoft Your Phone untuk menghubungkan smartphone Galaxy ke PC.

Layanan ini memungkinkan pengguna dapat menerima panggilan, melihat notifikasi dan pesan, hingga copy-paste teks dari ponsel ke PC dengan mudah.

Setelah ini, Microsoft lewat Windows 11 akan mengintegrasikan lebih banyak aplikasi Android ke dalam PC atau laptop.

Menurut Shah, ini akan memberikan aplikasi original, kontrol, pemberitahuan, dan pengalaman keberlanjutan antara kedua platform.

Apa yang juga dilakukan Microsoft, dia menambahkan, adalah membawa banyak aplikasi ke platform toko Microsoft untuk mengubah strategi toko aplikasi Microsoft.

"Ini adalah cara yang baik bagi Microsoft untuk secara tidak langsung mendekati ekosistem Google melalui kemitraan dengan Samsung dan Amazon," pungkas Shah.

Sistem operasi Windows 11 sendiri memang belum diungkap secara terbuka untuk digunakan. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait