Gadget

Spesifikasi PC Windows 11, Seberapa Berat?

Windows 11 setidaknya butuh RAM 4 GB.

Agung Pratnyawan

Windows 11. (Microsoft)
Windows 11. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi baru mereka, yakni Windows 11 sebagai penerus Windows 10. Namun sebelum upgrade, ketahui dulu spesifikasi minimum Windows 11 ini.

Berbeda dengan kebutuhan Windows 10, spesifikasi PC Windows 11 ini memang lebih tinggi. Terutama untuk kebutuhan memori yang meminta lebih besar dibanding sistem operasi Microsoft sebelumnya.

Raksasa software ini memang baru mengenalkan Windows 11, belum secara resmi memasarkannya. Rencananya baru bisa didapatkan pengguna pada tahun ini, namun tidak diungkap tanggal pastinya.

Diperkirakan Microsoft baru meluncurkan ke pengguna pada Oktober 2021. Masih ada waktu untuk kamu melakukan upgrade komputer atau laptop sambil menunggu tiba waktunya update.

Microsoft sendiri telah menyediakan software khusus untuk bisa melakukan pengecekan spesifikasi PC. Yakni PC Health Check yang akan melihat sudah mendukung Windows 11 atau belum.

Windows 11. (Microsoft)
Windows 11. (Microsoft)

Kamu bis mendapatkan PC Health Check di SINI.

Untuk spesifikasi PC Windows 11 minimum sendiri, dalam situs resminya telah diungkap seperti ini.

  • Processor: 1 GHz atau lebih kencang dengan 2 cores lebih, compatible 64-bit processor atau System on a Chip (SoC)
  • RAM: 4 GB
  • Storage: 64 GB
  • System firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
  • Graphics card: Compatible with DirectX 12 atau WDDM 2.0 driver
  • Display: High definition (720p)

Namun ingat, spesifikasi di atas adalah minimum. Yakni untuk sekadar menjalankan sistem operasi dari Microsoft tersebut. Untuk lebih nyaman, setidaknya harus lebih tinggi.

Itulah Spesifikasi PC Windows 11, apakah komputer atau laptop kamu sudah mendukung sistem operasi baru ini? Tenang, masih ada waktu untuk upgrade.

Berita Terkait