Gadget

Twitter Uji Coba 2 Fitur Ini, Pengguna Tertentu Dapat Hasilkan Uang

Fitur Super Follows dan Ticketed Spaces sudah diaktifkan oleh Twitter.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/ edar)
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/ edar)

Hitekno.com - Pengguna dengan jumlah follower tertentu dapat menghasilkan uang lebih banyak di Twitter. Hal tersebut bisa terjadi mengingat Twitter melakukan uji coba fitur Super Follows dan Ticketed Spaces.

Kedua fitur memungkinkan pengguna untuk memonetisasi dukungan audiens dengan menerima uang dari orang lain di platform untuk akses ke konten khusus mereka.

Melalui blog resmi perusahaan pada Selasa (22/06/2021), Twitter sudah mulai mengaktifkan kedua fitur dan menyasar pengguna dengan jumlah follower tertentu.

Ticketed Spaces dapat membantu pengguna mendapatkan uang dari pengalaman audio langsung eksklusif di Twitter Spaces.

Menurut raksasa media sosial tersebut, fitur Super Follows, yang pertama kali diumumkan pada bulan Februari, membantu pengguna tertentu memperoleh pendapatan bulanan dari "tingkat ekstra" konten khusus dan "interaksi sebagai langganan bulanan."

Fitur Ticketed Spaces dan Super Follows mulai diaktifkan di Twitter. (Twitter)
Fitur Ticketed Spaces dan Super Follows mulai diaktifkan di Twitter. (Twitter)

Laporan dari Independent, kedua fitur untuk sementara hanya tersedia bagi sejumlah kreator di Amerika Serikat. "Ticketed Spaces membantu Anda menciptakan pengalaman audio langsung yang unik dan eksklusif di Twitter Spaces, yang bersedia dibayar oleh audiens Anda. Dengan Ticketed Spaces, Anda memiliki fleksibilitas dalam menetapkan harga tiket, terendah 1 dolar AS (Rp 14 ribu) dan tertinggi 999 dolar AS (Rp 14,4 juta)," tulis perusahaan dalam laman resminya.

Dilansir dari NDTV, pengguna Twitter dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan akses pertama ke Super Follows, yang memungkinkan mereka menjual konten eksklusif kepada pelanggan yang membayar.

Pengguna juga dapat mengajukan akses Ticketed Spaces untuk mengenakan biaya masuk ke ruang obrolan audio yang mereka host di platform.

Kedua fitur tersebut merupakan bagian dari rencana Twitter dalam bersaing dengan perusahaan media sosial lainnya. Mereka menarik pembuat konten yang berpengaruh dengan membiarkan mereka mendapatkan uang dari follower.

Fitur Ticketed Spaces di Twitter. (Twitter)
Fitur Ticketed Spaces di Twitter. (Twitter)

Pengguna harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut di Twitter agar memenuhi syarat untuk mengajukan Super Follows, dan setidaknya 1.000 pengikut untuk mengajukan akses pertama ke Ticketed Spaces.

Ini adalah langkah selanjutnya dalam melanjutkan pekerjaan kami untuk menciptakan cara baru bagi orang-orang untuk menerima dan menunjukkan dukungan di Twitter. Lebih banyak lagi yang akan datang saat kami terus menguji fitur-fitur ini,” kata Manajer Produk Senior Twitter, Esther Crawford.

Perusahaan akan mengambil potongan 3 persen dari pendapatan pembuat konten hingga pengguna mencapai pendapatan 50.000 dolar AS atau Rp 722 juta. Setelah itu, Twitter akan menyimpan 20 persen untuk membantu pembuat konten yang sedang naik daun agar mendapatkan lebih banyak uang.

Crawford menambahkan bahwa Twitter akan fokus pada individu yang mengajukan fitur tersebut, tetapi juga akan mempertimbangkan merek, penerbit, dan organisasi nirlaba yang telah membangun audiens di Twitter. Fitur penghasil uang di Twitter ini diharapkan menyasar pembuat konten lebih banyak dalam waktu mendatang

Berita Terkait