Gadget

Tren Layar Punch Hole HP Flagship Diprediksi Masih Berlanjut di 2022

Fitur kamera under display diyakini masih belum mendominasi di tahun depan.

Rezza Dwi Rachmanta

HP flagship Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki desain layar punch hole. (Samsung)
HP flagship Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki desain layar punch hole. (Samsung)

Hitekno.com - Kamera under display (bawah layar) diharapkan menjadi tren baru pada HP flagship ke depannya. Meski begitu, leaker populer meyakini bahwa tren layar punch hole masih akan berlangsung di tahun depan.

Sebagai informasi, ZTE telah menjadi produsen pertama yang merilis HP under display secara komersial pada akhir 2020 lalu. Saat itu, banyak yang berkeyakinan bahwa fitur under display bisa menjadi tren HP flagship selanjutnya.

Leaker populer Digital Chat Station membocorkan bahwa ekspektasi itu masih belum berlaku di tahun depan.

Beberapa produsen memang akan mengenalkan fitur kamera under display, namun sebagian besar HP flagship masih mengusung desain punch hole.

Leaker dengan tingkat akurasi cukup tinggi ini juga membocorkan bahwa beberapa perangkat yang mengusung kamera under display dapat dikenalkan mulai kuartal ketiga 2021.

"Meskipun akan ada beberapa perangkat dengan kamera bawah layar mulai kuartal ketiga tahun ini, tetapi sebagian besar HP flagship masih akan memakai layar punch hole di tahun depan," tulis Digital Chat Station pada postingan miliknya di Weibo.

Vivo X60 Curved Screen Edition. (Vivo China)
Vivo X60 Curved Screen Edition. (Vivo China)

Dikutip dari Gizmochina, OEM tertentu seperti Xiaomi diketahui sedang mengerjakan perangkat dengan kamera di bawah layar. Tak hanya itu, Samsung dispekulasikan meluncurkan perangkat dengan kamera selfie beresolusi tinggi di bawah layar sekitar Agustus tahun ini.

Bocoran terpisah dari Ice Universe mengklaim bahwa setidaknya lima merek seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan ZTE siap mengenalkan perangkat dengan kamera bawah layar.

"Semester dua 2021 adalah saat di mana kamera under display dikenalkan, setidaknya itu terjadi pada Samsung (edisi Fold), Xiaomi (Mi Mix 4), Oppo (HP lipat), Vivo, dan ZTE (generasi baru yang ditingkatkan)," kata Ice Universe pada April lalu.

ZTE Axon 20 5G dengan kamera under display. (ZTE)
ZTE Axon 20 5G dengan kamera under display. (ZTE)

ZTE Axon 20 5G merupakan HP berkamera under display pertama yang tersedia secara komersial. Perangkat membawa desain tipis dan elegan mengingat ketebalannya hanya 7,98 mm. ZTE Axon 20 dibekali chipset Snapdragon 765G yang dipasangkan dengan RAM 6 GB dan RAM 8 GB.

Beberapa spesifikasi lain layar OLED 6,92 inci, RAM 12 GB, baterai 4220 mAh, fast charging 30 W, empat kamera belakang berkonfigurasi 64 MP (Primer, Ultra-High Pixel) + 8 MP (Ultrawide, 120 derajat) + 2 MP (Depth Sensor) + 2 MP (Macro) dan kamera depan 32 MP.

Jika bocoran di atas benar, maka kita perlu bersabar dalam menantikan tren HP flagship yang kemungkinan nanti didominasi dengan fitur kamera under display.

Berita Terkait