Gadget

Bikin Film Gunakan HP Flagship Samsung, Sutradara Pakai Fitur Ini

Film Konfabulasi yang dibintangi Reza Rahardian dan Dian Sastrowardoy direkam menggunakan HP.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Cuplikasi film Konfabulasi. (YouTube/ Samsung Indonesia)
Cuplikasi film Konfabulasi. (YouTube/ Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Sutradara ternama, Angga Dwimas Sasongko membagikan pengalamannya saat membuat film pendek menggunakan HP flagship Samsung. Sebagai informasi, film pendek berjudul Konfabulasi yang disutradarai oleh Angga Sasongko telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Hal yang menarik adalah film Konfabulasi direkam menggunakan HP flagship Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Film pendek ini dibintangi oleh Reza Rahardian yang memerankan Bilal dan juga Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran Marla. Beberapa pemeran lain yaitu Ibu Bilal (Putri Ayudya), Bilal Kecil (Ozkan), dan Ria (Sheila Dara).

Konfabulasi mengisahkan mengenai seorang agen bernama Bilal yang harus melewati tes khusus mengunakan perangkat di dunia virtual.

Bilal sendiri sudah lebih dari 200 kali melakukan tes namun gagal. Padahal ia termasuk seorang agen berkemampuan tinggi yang diharapkan dapat lolos tes. Ia masih belum bisa mengambil keputusan cepat yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusian.

Ingatan dari Bilal selalu membawanya kepada seorang ibu yang mengasuhnya selama ini.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko. (Samsung Zoom Conference)
Sutradara Angga Dwimas Sasongko. (Samsung Zoom Conference)

 

Marla, seorang mentor sekaligus ilmuwan yang memantau perkembangan Bilal terpaksa memasukkan "memori palsu" untuk membantu meluluskan Bilal. Adegan emosional mengenai memori hidup yang direnggut dari otak Bilal cukup bisa menguras emosi penonton.

Angga Dwimas Sasongko yang hadir dalam "Samsung Galaxy Movie Studio 2021 - Konfabulasi BTS (Behind the Scene) Movie Workshop" mengungkapkan bahwa ide film bermula saat mereka mengobrol dengan tim di Bali. Masing-masing orang yang mempunyai bacaan sendiri kemudian sepakat untuk membuat film terkait memori.

"Ngobrolin genetik, hiperrealitas, dan regresi. Kemundian muncullah memori. Pokoknya filmnya musti menunjukkan unlimited exploration, nggak cuma story telling. Muncullah syuting di galangan kapal, gudang. Kita masih bisa melihat adanya karat, background laut. Semuanya dibuat menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G," kata Angga Dwimas Sasongko.

Cuplikasi film Konfabulasi. (YouTube/ Samsung Indonesia)
Cuplikasi film Konfabulasi. (YouTube/ Samsung Indonesia)

 

Perlu diketahui, Angga Sasongko sendiri merupakan sutradara yang terkenal saat membesut film-film seperti Jelangkung 3, Filosofi Kopi, Surat Dari Praha, Wiro Sableng 212, Mencuri Raden Saleh, dan masih banyak lagi.

Sutradara, Angga Sasongko mengandalkan beberapa fitur untuk membuat film seperti Director's View, fitur HDR10+ yang menghadirkan Dynamic Range tinggi, hingga Super Steady.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. (Samsung)
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. (Samsung)

 

"Beberapa memungkinan deliver emosi yang berbeda ke penonton. Nah dengan Director View ini bisa mempercepat proses di lapangan. Fitur ini membuat kita tak perlu mengganti-ganti lensa," kata sang sutradara.

Film Konfabulasi sendiri sudah bisa ditonton melalui channel YouTube resmi Samsung. Pemirsa bisa menyaksikan video dalam berbagai macam resolusi dari HD, Full HD, hingga 4K. Angga Sasongko juga menyukai kemampuan Dynamic Range tinggi yang ada pada lensa Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Kondisi terang bisa digelapkan sementara lingkungan kurang terang bisa di-setting lebih terang lagi. Salah satu adegan di dalam mobil sebenarnya diambil pada siang hari, namun di dalam film seolah-olah itu sudah malam.

Konfabulasi merupakan film hasil dari Samsung Galaxy Movie Studio dimana Kenza Luthfiani yang merupakan pemenang pembuatan video pendek, juga dilibatkan menjadi Assistant Director.

Berita Terkait