Gadget

Samsung Neo QLED 8K TV Masuk ke Indonesia, Fiturnya Serba Premium!

Samsung Neo QLED 8K TV membawa layar luas dengan resolusi maksimal.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

President Samsung Electronics Indonesia Yoonsoo Kim dengan Neo QLED 8K. (Samsung)
President Samsung Electronics Indonesia Yoonsoo Kim dengan Neo QLED 8K. (Samsung)

Hitekno.com - Setelah mengenalkan di pasar China dan Amerika Serikat, Samsung akhirnya merilis dua smart TV premium mereka ke Indonesia. Membawa nama komersial sebagai Samsung Neo QLED 8K TV, perangkat ini membawa beragam fitur premium.

Dalam acara Samsung TV Launch yang digelar hari ini (06/05/2021) secara virtual, Samsung Electronics Indonesia dengan bangga memamerkan smart TV terbaru berteknologi tinggi.

Yoonsoo Kim selaku President Samsung Electronics Indonesia menjelaskan bahwa smart TV premium milik mereka ini diklaim dapat menghadirkan pengalaman yang lebih maksimal.

Perusahaan mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerapkan eco-packaging yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Setiap kardus dari smart TV miliknya diklaim bisa didaur ulang kembali sehingga tak mencemari lingkungan.

Fitur Samsung Neo QLED 8K. (Samsung)
Fitur Samsung Neo QLED 8K. (Samsung)

"Dengan pergeseran gaya hidup di mana rumah berperan menjadi kantor, sekolah, pusat kebugaran, dan banyak lagi, konsumen menginginkan pengalaman yang lebih maksimal dengan TV mereka. Samsung sebagai pemimpin pasar televisi mendefinisikan kembali peran TV untuk memenuhi kebutuhan, kebiasaan, dan minat konsumen, kapanpun dan di mana pun. Screens for All, Screens for Everyone – kami hadirkan rangkaian televisi terlengkap untuk pengalaman terbaik bagi semua, apapun aktivitas, aspirasi, dan passion mereka, sambil selangkah lebih maju dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan,” jelas Yoonsoo Kim, President, Samsung Electronics Indonesia.

Beberapa fitur premium yang dibawa oleh smart TV ini termasuk Quantum Matrix Technology Pro, Neo Quantum Processor 8K, Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) dan Infinity One Design.

Quantum Matrix Technology Pro mengoptimalkan performa Quantum Mini LED dengan ukuran LED yang 40 kali lebih kecil dari LED konvensional, untuk menghadirkan level kontras yang tinggi dan warna hitam yang lebih pekat sehingga tayangan TV menjadi lebih tajam dan hidup.

Quantum Matrix Technology Pro pada Samsung Neo QLED 8K. (Samsung)
Quantum Matrix Technology Pro pada Samsung Neo QLED 8K. (Samsung)

Neo Quantum Processor 8K menggunakan teknologi deep-learning dan AI Upscaling untuk meningkatkan kualitas konten apapun menjadi konten berkualitas 8K. Terdapat pula teknologi surround sound yang sangat dinamis berkat Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) yang menyajikan suara bergerak mengikuti obyek di setiap adegan.

Fitur Spacefit Sound diklaim menghadirkan akustik terbaik berkat kemampuannya menganalisa bentuk dan material ruangan serta menyesuaikan audio secara otomatis. Infinity One Design membuat Neo QLED 8K semakin tipis dengan bezel berukuran 0.8 mm, sehingga ia tampak stylish dan meningkatkan estetika ruangan yang ditempatinya.

"Dengan ketajaman visual, ketepatan warna dan akustik audio yang harmonis, Neo QLED 8K mampu menyampaikan pesan dari karya sepenuhnya, membuat penonton tenggelam dalam dunia baru," jelas Angga Dwimas Sasongko, produser dan sutradara film.

Angga Dwimas Sasongko dengan Neo QLED 8K. (Samsung)
Angga Dwimas Sasongko dengan Neo QLED 8K. (Samsung)

Tak hanya sebagai fitur hiburan, Samsung Neo QLED 8K merupakan smart TV yang mendukung fitur gaming. Beberapa fitur yang disediakan yaitu FreeSync Premium Pro, ALLM (Auto Low Latency Mode), AMD FreeSync, Motion Xcelerator Turbo+ dan Super Ultrawide GameView.

Pengguna Neo QLED TV di Indonesia juga kini mampu menikmati layanan Samsung Health. Dengan fitur Smart Trainer, latihan kebugaran dapat dilakukan dari rumah. Anda akan dipandu untuk menampilkan postur atau gerakan yang benar, hitungan repetisi set, dan jumlah kalori yang dibakar secara real-time.

Samsung Neo QLED 8K sangat mendukung berbagai kegiatan saya, mulai dari bersantai nonton film, memeriksa dokumen kerja, sampai berolahraga dengan Samsung Health. Teknologi canggih Neo QLED 8K membantu saya keep up dengan aktivitas sehari-hari, dari tempat yang paling nyaman yaitu rumah sendiri," kata artis Dian Sastrowardoyo.

Dian Sastrowardoyo yang menggunakan Neo QLED 8K Smart Trainer Experience. (Samsung)
Dian Sastrowardoyo yang menggunakan Neo QLED 8K Smart Trainer Experience. (Samsung)

Pre-order Samsung Neo QLED 8K TV dibuka pada 06-31 Mei 2021. Perangkat tersedia dalam dua ukuran yaitu versi 65 inci dan 75 inci. Perusahaan juga mempunyai opsi 85 inci, namun akan diumumkan pada Juli mendatang.

Samsung Neo QLED 8K TV varian 75 inci (75QN800A) dibanderol dengan harga Rp 71.999.000 sementara model 65 inci (65QN800A) dapat dibeli seharga Rp 51.999.000. Perusahaan juga menyediakan opsi smart TV lain seperti Neo QLED 4K TV ukuran 65 dan 75 inci pada harga Rp32.999.000 – Rp61.999.000. Selama periode pre-order, dapatkan hadiah langsung senilai hingga Rp18 juta berupa paket Galaxy Ecosystem untuk Neo QLED 8K TV atau Galaxy S21 untuk Neo QLED 4K TV.

Berita Terkait