Gadget

Kemitraan Leica dengan Huawei Diklaim Berakhir, Siap Bidik Perusahaan Lain?

Kabar ini cukup menyedihkan mengingat kemitraan Huawei-Leica telah berlangsung lama.

Rezza Dwi Rachmanta

Huawei P40 menggunakan sensor kamera Leica. (Huawei)
Huawei P40 menggunakan sensor kamera Leica. (Huawei)

Hitekno.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kamera HP flagship Huawei identik dengan nama Leica-nya. Seorang leaker mengklaim bahwa kemitraan Leica dengan Huawei akan berakhir sebentar lagi.

Kabar yang cukup menyedihkan mengingat HP flagship Huawei dari seri P dan Mate terkenal mempunyai sensor kamera menawan berkat kerja sama dengan Leica.

Bahkan tak jarang kita melihat HP flagship Huawei menempati posisi teratas atau setidaknya peringkat tiga besar dalam platform benchmark kamera populer, DxOMark.

Leaker dengan identitas bernama Teme (@ RODENT950) mengungkapkan bahwa Huawei P50 akan menjadi proyek terakhir yang akan memiliki branding Leica.

Kabar berakhirnya hubungan kemitraan Huawei dan Leica telah mencuat sejak kuartal terakhir 2020. Saat itu leaker populer Digital Chat Station membocorkan bahwa "kerja sama Huawei dengan Leica" sudah berakhir.

Teknologi kamer Huawei P40. (Huawei)
Teknologi kamer Huawei P40. (Huawei)

 

Leaker Teme (@ RODENT950) memancing spekulasi bahwa Leica sedang membidik mitra OEM terbaru. Dikutip dari GSMArena, beberapa perusahaan seperti Honor, Xiaomi dan Sharp diprediksi menjadi kandidat potensial.

Namun masih belum diketahui apakah Leica akan menjalin kemitraan eksklusif pada satu OEM atau kerja sama non-eksklusif. Kesepakatan non-eksklusif pernah kita lihat pada kemitraan Nokia-Zeiss dan juga Sony-Zeiss.

Beberapa waktu lalu, beredar mengenai render Sharp Aquos R6 yang bocor ke publik. Menariknya, HP flagship dari Sharp tersebut mempunyai sistem kamera yang bekerja sama dengan Leica.

Terdapat tulisan kecil "Co-engineered with Leica" yang tersemat pada perangkat. Render smartphone menunjukkan desain agak tebal dengan tepi melengkung. Tulisan "Co-engineered with Leica" tentu menjadi indikasi kuat bahwa Sharp telah menjalin kemitraan dengan Leica.

Bocoran yang mengklaim kemitraan Huawei dan Leica akan berakhir. (Twitter/ RODENT950)
Bocoran yang mengklaim kemitraan Huawei dan Leica akan berakhir. (Twitter/ RODENT950)

 

Huawei sendiri saat ini sedang menghadapi sanksi dari Amerika Serikat. Masalah menjadi semakin buruk mengingat perusahaan juga dilaporkan sedang kekurangan pasokan chipset.

Jajaran produk yang semakin menipis kemungkinan berpotensi tidak menghasilkan keuntungan di masa depan bagi Leica.

Apabila bocoran mengenai render di atas benar, cukup menarik menantikan apakah HP flagship dari Sharp bakal mempunyai kualitas kamera menawan seperti reputasi dari Huawei Mate dan P series. Kabar tersebut masih sebatas bocoran sehingga kita perlu menunggu konfirmasi baik dari Huawei maupun Leica.

Berita Terkait