Gadget

Sebar "Teaser", Samsung Siap Kenalkan Wear OS Baru di MWC 2021?

Google dan Samsung diketahui telah bekerja sama mengembangkan versi baru dari Wear OS.

Rezza Dwi Rachmanta

Samsung Galaxy Watch3. (Samsung)
Samsung Galaxy Watch3. (Samsung)

Hitekno.com - Pameran akbar industri komunikasi seluler yang dimulai pada akhir Juni bakal dimanfaatkan dengan baik oleh Samsung. Menurut bocoran terbaru, Samsung diprediksi akan mengenalkan Wear OS anyar untuk deretan smartwatch perusahaan.

Bocoran yang datang dari Sam Mobile mengklaim bahwa Samsung kemungkinan mempersiapkan sesuatu pada smartwatch generasi mendatang. Samsung diharapkan bakal mengungkap beberapa bagian dari OS baru selama MWC 2021 secara online akhir bulan ini.

Perlu diketahui, Mobile World Congress 2021 (MWC 2021) dijadwalkan pada 28 Juni hingga 1 Juli mendatang. Rumor mengenai adanya Wear OS versi baru datang dari "teaser" yang diunggah oleh perusahaan.

Samsung telah menyebutkan di laman resmi MWC bahwa mereka akan "memvisualisasikan ulang smartwatch, menciptakan peluang baru bagi pengembang dan konsumen".

Kalimat teaser " Reimagining Smartwatch" dispekulasikan mengarah pada OS anyar perusahaan. Google telah memamerkan beberapa fitur dari versi Wear OS anyar (bukan nama final OS) yang akan berjalan di Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch Active 4 selama Google I/O bulan lalu.

Samsung Galaxy Watch Active2. (Samsung)
Samsung Galaxy Watch Active2. (Samsung)

 

Dikutip dari Gizmochina, smartwatch bakal menjadi perangkat wearable terbaru dari perusahaan yang menampilkan layar Super AMOLED bersama dengan chipset Exynos 5 nm.

Google dan Samsung telah bersama-sama mengembangkan versi Wear OS yang akan datang. Platform baru ini menampilkan waktu loading aplikasi hingga 30 persen lebih cepat, efisiensi daya yang ditingkatkan untuk masa pakai baterai yang lebih lama, App Stock yang ditingkatkan, dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Bakal ada versi Google Fit yang lebih baru, aplikasi Google Maps mandiri, Google Pay, YouTube Music dengan pemutaran offline dan aplikasi Fitbit.

Smartwatch Samsung Galaxy Watch Active. (Samsung)
Smartwatch Samsung Galaxy Watch Active. (Samsung)

 

Merek juga menambahkan juga dapat menambahkan UI khusus di atas Wear OS generasi berikutnya. Sebelum ini, Apple telah mengenalkan watchOS 8 dengan dukungan teknologi Ultra Wideband.

Beberapa fitur yang ditambahkan termasuk kunci mobil digital, mode latihan baru (Pilates dan Tai Chi), pengaturan tampilan foto hingga fitur pengontrol rumah pintar. Mengingat Apple sudah memperbarui versi OS pada smartwatch perusahaan, bukan tidak mungkin bahwa Samsung juga melakukan hal yang sama terkait Wear OS anyar.

Berita Terkait