Gadget

Bawa HarmonyOS 2, Huawei Watch 3 Series Resmi Meluncur ke Publik

Perlahan meninggalkan Android, smartwatch Huawei didukung HarmonyOS 2 dengan banyak fitur.

Rezza Dwi Rachmanta

Huawei Watch 3 membawa desain elegan. (Huawei)
Huawei Watch 3 membawa desain elegan. (Huawei)

Hitekno.com - Setelah serangkaian bocoran beberapa waktu lalu, Huawei Watch 3 series akhirnya resmi meluncur ke publik. Secara perlahan meninggalkan Android, smartwatch terbaru Huawei sudah menjalankan sistem operasi buatan perusahaan, HarmonyOS 2.

Perlu diketahui, Huawei Watch pertama kali meluncur pada 2015. Perusahaan kemudian mengenalkan generasi penerus yaitu Huawei Watch 2 pada 2017. Butuh waktu yang lama, perusahaan baru mengenalkan Huawei Watch 3 di tahun ini.

Dilansir dari Gizmochina, pada konferensi pers yang digelar di China tanggal 2 Juni, Huawei mengungkapkan bahwa mereka bertahan selama empat tahun tanpa merilis jam tangan pintar karena tidak tersedianya OS intuitif untuk perangkat tersebut.

HarmonyOS 2 dianggap memecahkan tantangan ini dengan banyak fitur yang dibawanya. Sistem operasi tersebut memperkenalkan antarmuka yang benar-benar baru di mana perangkat dapat menampilkan menu aplikasi dengan grid launcher.

Terdapat crown 3D yang diklaim menghadirkan pengalaman pengguna lebih smooth dan intuitif. Dalam peluncurannya di awal Juni, perusahaan mengenalkan dua perangkat sekaligus yaitu Huawei Watch 3 dan Huawei Watch 3 Pro.

Tampilan antarmuka Huawei Watch 3 series. (Huawei China)
Tampilan antarmuka Huawei Watch 3 series. (Huawei China)

 

Smartwatch Huawei hadir dengan beberapa fitur pemantauan kesehatan dan kebugaran profesional. Untuk pertama kalinya, smartwatch Huawei menyertakan sensor suhu berpresisi tinggi yang dapat mendeteksi suhu kulit.

Perangkat juga dilengkapi dengan beberapa fitur baru seperti Handwashing Detection dan Fall Detection. Dalam segi desain, Huawei Watch 3 series memiliki bodi stainless steel yang dipoles dengan kaca 3D ultra-curved.

Crown di bagian sisi perangkat memiliki sensor pengenalan gerakan jari yang memberi pengguna kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil gambar serta menggeser opsi menu secara akurat, berkat adanya HarmonyOS 2.

Huawei Watch 3 membawa menu yang bisa diperbesar. (Huawei)
Huawei Watch 3 membawa menu yang bisa diperbesar. (Huawei)

 

Perusahaan juga memberikan 100 mode workout sehingga Huawei Watch 3 series cocok buat pecinta olahraga. Huawei Watch 3 akan tersedia dalam Active, Classic, dan Elite Edition sedangkan versi Pro akan tersedia dalam Classic dan Elite Edition.

Huawei Watch 3 Pro dapat bertahan hingga lima hari dalam mode Smart. Perangkat bisa beroperasi selama 21 hari apabila mengaktifkan mode Ultra-Long Battery.

Huawei Watch 3 membawa desain elegan. (Huawei)
Huawei Watch 3 membawa desain elegan. (Huawei)

 

Sementara Watch 3 standar bisa menyala hingga tiga hari dalam mode Smart dan 14 hari dalam mode hemat daya.

Harga Huawei Watch 3 dibanderol mulai dari 2.599 yuan atau Rp 5,8 juta sedangkan Huawei Watch 3 Pro dapat dibeli mulai dari 3.299 yuan atau Rp 7,3 juta. Tak hanya di China, kedua smartwatch juga siap diluncurkan secara komersial di Inggris serta banyak pasar di negara lain.

Berita Terkait