Gadget

Dibekali Ultra Wideband, Apple watchOS 8 Memiliki Deretan Keunggulan Ini

Apple watchOS 8 menawarkan mode latihan baru dan juga fitur kunci mobil digital.

Rezza Dwi Rachmanta

watchOS 8 membawa deretan fitur baru. (Apple)
watchOS 8 membawa deretan fitur baru. (Apple)

Hitekno.com - WWDC 2021 yang telah dibuka pada Senin (08/06/2021) lalu menghadirkan beberapa pengumuman penting, termasuk watchOS 8. Versi OS terbaru pada smart wearable ini menawarkan deretan fitur inovatif, salah satunya dukungan teknologi Ultra Wideband.

Developer bisa menguji aplikasi melalui watchOS 8 mulai 8 Juni 2021. Sementara beta publik tersedia pada Juli mendatang, rilis versi stabil untuk publik diharapkan hadir pada akhir musim gugur 2021.

WatchOS adalah kekuatan pendorong di balik ekosistem smart wearable Apple, dan versi terbaru ini menampilkan aplikasi Photos yang ditingkatkan, dengan tampilan grid baru dari foto pengguna.

Terdapat fitur yang memungkinkan pengguna berbagi foto secara langsung melalui Messages atau Mail. Sistem operasi dari Apple tersebut mendukung teknologi konektivitas Ultra Wideband (UWB).

Perusahaan menjelaskan bahwa Apple Watch Series 6 akan mendapatkan dukungan fitur kunci mobil memanfaatkan teknologi UWB-nya.

watchOS 8 menawarkan fitur kunci mobil digital. (Apple)
watchOS 8 menawarkan fitur kunci mobil digital. (Apple)

 

"Pertama kali diumumkan di WWDC 2020, kini hadir kunci mobil digital di Apple Watch Series 6. Pengguna dapat dengan aman membuka kunci mobil mereka dari jarak jauh dan menyalakannya dari kursi pengemudi. Pada musim gugur ini, pengguna juga dapat menambahkan kunci untuk rumah, kantor, dan hotel mereka ke Wallet, dan hanya butuh ketukan ke Apple Watch untuk membuka kunci," tulis Apple dalam laman resmi perusahaan.

Dikutip dari The Verge, pengguna juga dapat memanfaatkan smartwatch untuk menemukan perangkat Apple lainnya, seperti AirTags. Aplikasi Home, yang memungkinkan pengguna mengontrol gadget rumah pintar dari Apple Watch, telah didesain ulang pada watchOS 8.

watchOS 8 mendukung mode latihan Tai Chi. (Apple)
watchOS 8 mendukung mode latihan Tai Chi. (Apple)

 

Pengguna kini bisa melihat lebih banyak shortcut pada perangkat yang biasa digunakan. Mereka bahkan dapat memantau fitur pelacakan pada kamera keamanan.

Di watchOS 8, aplikasi Breathe menjadi aplikasi Mindfulness, yang menampilkan pengalaman Breathe ditingkatkan, ditambah tipe sesi baru, Reflect. Itu menawarkan fitur agar pengguna fokus selama satu menit yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Fitur Reflect baru di watchOS 8. (Apple Newsroom)
Fitur Reflect baru di watchOS 8. (Apple Newsroom)

 

Dalam laman resminya, Apple menyebutkan bahwa fitur tersebut dapat membawa "kerangka berpikir positif". Beberapa mode tambahan juga telah disertakan dalam aplikasi Fitness. Secara khusus, pengguna dapat menjumpai mode latihan Tai Chi dan Pilates.

Lebih banyak aplikasi asli dapat memanfaatkan tampilan Apple Watch yang selalu aktif, termasuk Maps, Mindfulness, Now Playing, Phone, Podcast, Stopwatch, Timer, dan Voice Memo. Pada WWDC 2021, perusahaan menjelaskan bahwa watchOS 8 menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan versi OS sebelumnya.

Berita Terkait