Gadget

Upgrade Fitur Apik, Apple Kenalkan iOS 15 di WWDC 2021

Berikut beberapa fitur menarik yang dibawa oleh Apple untuk sistem operasi anyarnya yaitu iOS 15.

Amelia Prisilia

iOS 15 di WWDC 2021. (Apple)
iOS 15 di WWDC 2021. (Apple)

Hitekno.com - Apple secara resmi telah menggelar WWDC 2021 pada Senin (7/6/2021) waktu AS. Satu dari deretan pengumuman penting Apple ini adalah kedatangan iOS 15 yang membawa berbagai fitur apik yang lebih baik dari sebelumnya.

WWDC 2021 atau Worldwide Developer Conference 2021 menjadi event tahunan dari Apple yang di masa pandemi ini digelar secara online. Tahun ini, gelaran tersebut digelar sejam 7 Juni 2021 hingga 11 Juni 2021 mendatang.

Pengumuman penting Apple di WWDC 2021 ini adalah kedatangan iOS 15 yang dibekali dengan deretan pembaruan apik dan tangguh di kelasnya.

Dalam presentasinya, Craig Federighi selaku Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple menyebut jika iOS 15 akan membantu pengguna untuk tetap terhubung dan merasakan pengalaman real time saat menggunakan perangkat andalannya.

Dilansir dari Tech Radar, berikut beberapa fitur menarik yang dibawa oleh Apple untuk sistem operasi anyarnya yaitu iOS 15.

Face Time di iOS 15. (Apple)
Face Time di iOS 15. (Apple)

 

1. Face Time

Untuk Face Time, Apple mendatangkan kemampuan untuk meredam suara bising serta hadirnya Face Time Links untuk mengajak sesama pengguna saling mengobrol.

Menariknya, tidak hanya pengguna iOS yang dapat ikut melakukan Face Time. Pengguna Android dan Windows juga dapat membuka link tersebut melalui browser yang dimiliki di perangkat masing-masing.

2. Messages

Setelah mempertahankan tampilan lama, aplikasi Messages di iOS 15 akhirnya datang dengan tampilan baru serta cara baru untuk berbagi konten.

3. Notification

Notification di iOS 15. (Apple)
Notification di iOS 15. (Apple)

 

Di iOS 15, pengguna kini dapat melihat Notification Summary yang menampilkan ringkasan pemberitahuan bagi pengguna.

4. Live Text

Live Text di iOS 15 menjadi karakter optik otomatis yang ada di aplikasi kamera. Nantinya pengguna dapat mengarahkan kamera ke teks untuk disalin ke lokasi lainnya.

5. Photos

Pengguna iOS 15 kini dapat menambahkan lagu di Apple Music ke slide foto yang ada di galeri. Untuk fiturnya ini, Apple menghadirkan Memory Mixes yang memungkinkan pengguna untuk mengedit Memori.

6. Wallet

Wallet di iOS 15 akan menjadi identifikasi digital untuk penggunanya. Usai melakukan scan ID, Wallet di iOS 15 ini dapat digunakan sebagai ID digital.

7. Weather

Weather di iOS 15 akan datang dengan desain baru lengkap dengan peta di dalam aplikasi. Tidak hanya itu, ada animasi terbaru yang diberikan Apple untuk perangkatnya ini.

8. Maps

Maps di iOS 15. (Apple)
Maps di iOS 15. (Apple)

 

Aplikasi Maps di iOS 15 nantinya akan menampilkan tampilan globe dan 3D yang jauh lebih detail di sejumlah kota yang ada. Maps juga kini dapat secara otomatis mengikuti pengguna saat melakukan transit.

9. Privasi

Fitur terakhir yang dibawa oleh iOS 15 ada pada privasi. Apple menghadirkan banyak kontrol privasi untuk melindungi informasi penggunanya. Salah satu aplikasi yang mendapat perlindungan privasi adalah Email dan beberapa aplikasi lainnya.

Belum ada informasi apapun mengenai kapan iOS 15 akan dirilis. Namun, rumor menyebutkan jika versi beta dari iOS 15 ini akan diperkenalkan pada Juli 2021 mendatang.

Berita Terkait