Gadget

Migrasi Tinggalkan Android, Huawei Update 100 Perangkat ke HarmonyOS

Sebanyak 100 perangkat yang terdiri dari tablet dan smartphone bersiap migrasi ke HarmonyOS.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi HarmonyOS. (YouTube/ Huawei Mobile)
Ilustrasi HarmonyOS. (YouTube/ Huawei Mobile)

Hitekno.com - Setelah Huawei terkena sanksi dari pemerintah Amerika Serikat, mereka tak lagi bisa menggunakan Google Mobile Services. Perusahaan kini "migrasi besar-besaran" setelah HarmonyOS sudah siap diaplikasikan ke banyak perangkat.

Huawei telah meluncurkan versi penerus dari HarmonyOS pada beberapa perangkat anyar. Namun itu hanya ditujukan pada dua smartwatch dan dua tablet, bukan smartphone.

Kini Huawei nampak sedang bersiap "migrasi besar-besaran" setelah mereka mengumumkan rencana perusahaan untuk memberikan update pada setidaknya 100 perangkat. Ke depan, perusahaan juga merencanakan update yang menyasar lebih dari jumlah tersebut.

Melalui acara di China pada 2 Juni, Huawei mengungkapkan bahwa sekitar 100 perangkat (smartphone dan tablet) bakal menerima update sehingga mereka bisa berpindah dari Android ke HarmonyOS 2.

Dalam langkah awal, update ini baru disediakan di China. Pemilik perangkat Huawei di luar China sepertinya harus menunggu terkait update yang akan datang.

Daftar perangkat Huawei yang menerima update HarmonyOS. (GSMArena)
Daftar perangkat Huawei yang menerima update HarmonyOS. (GSMArena)

 

Huawei akan membagi update dalam beberapa kloter. Dikutip dari GSMArena, kloter pertama bakal menyasar deretan HP flagship terbaru Huawei Mate40 series dan P40 series di tanggal 2 Juni 2021. HarmonyOS 2 juga akan tersedia pada Huawei Mate30 series, MatePad Pro, dan Mate Xs.

Pengguna dapat mendaftar menggunakan aplikasi My Huawei dan Huawei Club untuk menerima update HarmonyOS 2.0. Kloter kedua akan menerima update sekitar kuartal ketiga 2021.

Update tersebut bakal menyasar perangkat yang lebih lawas seperti Huawei Mate 20 serta Huawei Nova seri 6,7, dan 8.

Huawei Mate40 Pro. (Huawei)
Huawei Mate40 Pro siap menerima update HarmonyOS. (Huawei)

 

Huawei Mate Pad yang bukan versi Pro juga mendapatkan update pada kuartal ketiga 2021. Meski Mate 20 series menerima update, Huawei Mate 20 Lite sepertinya masih belum ada dalam daftar.

Selanjutnya pada kuartal keempat 2021, update HarmonyOS 2 juga datang ke seri V, S, P30 Pro, Mate 20X, tablet M6 dan sebagian perangkat lain.

Paruh pertama tahun 2022, beberapa model yang sangat lawas seperti Huawei P10 (2017), Mate 10 (2017), P20, Mate 20, Mate 9 juga bakal menerima update. Pemberian update menuju HarmonyOS 2 sepertinya merupakan langkah serius dari strategi Huawei yang secara perlahan meninggalkan Android.

Berita Terkait