Gadget

Google Photos Unlimited Gratis Dihentikan 1 Juni, Ini 5 Alternatifnya

Deretan layanan penyimpanan cloud ini bisa menggantikan Google Photos.

Rezza Dwi Rachmanta

Google Photos. (Google)
Google Photos. (Google)

Hitekno.com - Google Photos telah menghentikan layanan penyimpanan unlimited gratis yang cukup populer digunakan orang-orang. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi lima layanan alternatif selain Google Photos yang bisa dicoba.

Pada blog resmi Google, terungkap bahwa update baru yang datang pada 1 Juni 2021 mengharuskan pengguna membayar apabila ingin menyimpan foto dalam kapasitas tertentu.

Layanan Google Photos masih akan gratis, namun itu dibatasi hingga 15 GB saja. Ini bertujuan membantu Google meyakinkan lebih banyak orang untuk mendapatkan langganan Google One berbayar yang menghadirkan penyimpanan cloud Google Photos bersama dengan Google Drive dan Gmail, hingga 30 TB.

Pengguna bisa membayar 1,99 dolar AS atau Rp 28 ribu per bulan untuk kapasitas penyimpanan 100 GB. Sebagai hasil dari update terbaru, berlaku pembatasan penyimpanan gratis 15 GB mulai 1 Juni mendatang.

Namun, Google dengan jelas menyebutkan dalam blognya bahwa foto atau video apa pun yang Anda unggah dalam 'kualitas tinggi' - dan bukan 'kualitas asli' - sebelum 1 Juni tidak akan dihitung dari batas 15 GB. Dengan demikian, perubahan tersebut akan berlaku untuk upload yang dilakukan setelah 1 Juni.

Berikut lima layanan alternatif selain Google Photos yang bisa kalian pilih:

1. Microsoft OneDrive

Paket harga OneDrive. (Microsoft)
Paket harga OneDrive. (Microsoft)

 

Jika kalian sudah menggunakan layanan Microsoft lain, OneDrive merupakan alternatif yang tepat. Terdapat tampilan galeri untuk penyimpanan foto dan juga fitur untuk menandai gambar secara otomatis.

OneDrive mendukung penyimpanan dasar yang dibanderol gratis tapi hanya memberikan kapasitas 5 GB. Melalui paket berbayar, pengguna bisa mendapatkan penyimpanan 1 TB plus akses ke Microsoft Word, Excel, Outlook, dan Powerpoint. Untuk penggunaan personal, penyimpanan 100 GB di OneDrive dibanderol 1,99 dolar AS atau Rp 28 ribu per bulan.

2. Flickr

Logo Flickr. (The Verge)
Logo Flickr. (The Verge)

 

Flickr merupakan jejaring sosial yang sangat populer bagi penggemar fotografi. Banyak layanan lain yang menawarkan solusi penyimpanan cloud dalam kapasitas kecil dengan harga tak masuk akal.

Namun tidak bagi Flickr karena mereka menawarkan harga yang terjangkau bagi sebagian orang. Platform ini memungkinkan kalian menyimpan hingga 1.000 foto dan video tanpa biaya. Namun Anda juga harus terbiasa dengan iklan ketika menggunakan layanan tersebut.

Paket bulanan 6,99 dolar AS atau Rp 100 ribu menawarkan penyimpanan tak terbatas atau unlimited, tanpa iklan dan fitur premium lainnya.

3. iCloud

iCloud Notes salah satu layanan iCloud. (Apple)
iCloud Notes salah satu layanan iCloud. (Apple)

 

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan ekosistem Apple, kalian bisa memilih layanan ini. Pengguna bisa memilih paket iCloud atau layanan berlangganan bundling yang disebut Apple One.

Layanan Apple One memungkinkan Anda mengakses Apple Arcade, TV+ dan Music. iCloud menawarkan penyimpanan gratis namun dengan kapasitas 5 GB saja. Penawaran terendah yaitu 50 GB dengan banderol harga Rp 14 ribu per bulan atau terbesar 2 TB dengan harga Rp 149 ribu per bulan.

4. NordLocker

NordLocker. (Nord Security)
NordLocker. (Nord Security)

 

Dikutip dari GadgetsNow, Nord Security terkenal karena menawarkan salah satu jaringan pribadi virtual (NordVPN) terbaik, tetapi NordVPN juga mengembangkan pengganti yang andal untuk Google Photos.

Bagi kalian yang suka paranoid dengan dengan keamanan fasilitas penyimpanan, NordLocker dari Nord Security bisa menjadi alternatif menarik. Layanan ini menawarkan fitur berbagi file dengan aman, folder terenkripsi, hingga pencadangan data otomatis.

Versi gratis dari Nord Locker hanya menyediakan penyimpanan 3 GB saja. Namun pengguna bisa mencoba layanan penyimpanan cloud 500 GB dengan biaya 47,88 dolar AS atau Rp 684 ribu per tahun.

5. DropBox

Ilustrasi DropBox. (GadgetsNow)
Ilustrasi DropBox. (GadgetsNow)

 

Dikenal sebagai layanan berbagi file, namun DropBox juga bisa menggantikan Google Photos. Dropbox memiliki fitur seperti DropBox Passwords dan DropBox Transfers. Penyimpanan gratis hanya mendukung hingga 2 GB namun ada paket berbayar juga.

DropBox Plus yang mendukung penyimpanan cloud 2 TB dibanderol 10 dolar AS atau Rp 143 ribu per bulan. Terdapat pula paket family (hingga 6 pengguna) dengan kapasitas 2 TB yang dibanderol 17 dolar AS atau Rp 243 ribu per bulan.

Itulah tadi lima layanan alternatif selain Google Photos yang bisa kalian coba, apakah sudah menentukan pilihan?

Berita Terkait