Tak Lagi Free Unlimited, Pengguna Google Photos Siap-siap dapat Tagihan

Kamu tetap bisa menggunakan layanan Google Photos gratis, namun dengan batasa ini.

Agung Pratnyawan
Senin, 24 Mei 2021 | 17:15 WIB
Google Photos. (Google)

Google Photos. (Google)

Hitekno.com - Buat pengguna Google Photos, siap-siap layanan cloud storage khusus foto ini tidak lagi free unlimited. Kamu masih bisa menggunakannya, namun dengan batasan tertentu.

Jika selama ini Google membiarkan penggunanya untuk memakai layanan secara gratis tak terbatas, semua akan berubah pada 1 Juni 2021.

Hingga saat ini, kamu masih dapat mengunggah gambar tanpa dialhikan ke cloud dan bebas biaya sepeser pun. Namun tidak untuk bulan depan.

Baca Juga: Rating Facebook di Google Play Store Terus Anjlok, Ini Penyebabnya

Meskipun Google selalu memiliki batas 15GB untuk gambar dan video beresolusi tinggi dan tidak terkompresi, tidak masalah membiarkan kita semua mengirim foto smartphone (16MP atau lebih rendah) ke server online secara gratis.

Perlu dikatakan, ini telah membantu menjadikan Google Photos sebagai salah satu alat manajemen foto paling populer yang tersedia.

Bagi mereka yang khawatir kehilangan semua foto keluarga atau liburan jika mereka salah meletakkan (atau merusak) ponsel cerdas mereka, cadangan cloud tanpa akhir dan tidak terbatas merupakan nilai tambah yang besar.

Baca Juga: Google Maps Tampilkan Gaza di Palestina Secara Buram, Apa Alasannya?

Semua itu berubah!

Sayangnya, mulai 1 Juni 2021 dan seterusnya, semua gambar dengan apa pun kualitas yang diunggah, akan menghabiskan jatah 15 GB itu.

Ilustrasi edit foto melalui aplikasi Google Photos. (Google)
Ilustrasi edit foto melalui aplikasi Google Photos. (Google)

Dilansir laman Express, Senin (24/5/2021), setelah mencapai batas itu, kamu harus membayar untuk menambahkan lebih banyak penyimpanan melalui layanan Google One.

Baca Juga: Resmi Digelar, Ini 6 Pengumuman Penting di Google I/O 2021

Harga untuk ruang ekstra mulai dari 1,59 poundsterling atau sekitar Rp 32.308 per bulan untuk 100GB, 2,49 poundsterling atau kisaran Rp 50.586 untuk 200GB atau 7,99 poundsterling atau senilai Rp 162.322 untuk 2TB.

"Mulai 1 Juni 2021, konten berkualitas tinggi dan ekspres akan diperhitungkan dalam penyimpanan Akun Google Anda. Setelah mencapai batas penyimpanan, kamu dapat berlangganan ke Google One (jika tersedia ) penyimpanan tambahan atau hapus konten, untuk melanjutkan dengan opsi penyimpanan gratis di Foto," jelas Google.

Perlu dicatat bahwa gambar apa pun yang diunggah sebelum 1 Juni tidak akan dihitung dalam batas 15GB itu, jadi ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memilah-milah album keluarga mu dan menayangkannya secara online.

Baca Juga: Samsung Galaxy A22 5G Muncul di Google Play Console, Kapan Rilis?

Selain perubahan penyimpanan besar yang mulai berlaku bulan depan, ada pembaruan besar lain yang harus diketahui pengguna Google.

Itu karena perusahaan AS mengatakan Gmail, Google Photos, dan konten Google Drive dapat dihapus kecuali kamu mengikuti aturan baru.

Untuk mengatasi masalah data ini, Google sekarang memberi pengguna waktu dua tahun untuk masuk ke akun mereka.

Siapa pun yang menjauh selama lebih dari 24 bulan kemudian dapat melihat hal-hal menghilang dengan Google memiliki opsi untuk mulai menghapus konten.

"Jika Anda tidak aktif selama 2 tahun (24 bulan) di Gmail, Drive, atau Foto, kami dapat menghapus konten di produk yang Anda nonaktifkan. Jika Anda melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun, kami mungkin hapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto," kata perusahaan itu.

Kamu akan mendapatkan banyak pemberitahuan sebelum foto keluarga mereka dikirim ke tempat sampah dengan siapa pun, yang terkena dampak menerima email untuk memberi tahu mereka bahwa konten mereka dapat dihapus sehingga mereka harus memiliki banyak waktu mengatur semuanya.

Buat pengguna Google Photos, cek lagi sudah berapa banyak kapasitas yang kamu pakai. Apakah sudah melebih batas 15 GB? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak