Gadget

Tampil Fresh, Ini Deretan Fitur Baru Android 12

Tak hanya memperbarui tampilan, ini fitur-fitur menarik Android 12.

Agung Pratnyawan

Android 12. (Google)
Android 12. (Google)

Hitekno.com - Melalui ajang Google I/O, telah resmi diumumkan kehadiran Android 12 yang membawa banyak fitur baru. Termasuk pada tampilan yang kini hadir lebih segar.

Gelaran Google I/O sendiri telah digelar pada Rabu (19/5/2021), dengan mengungkap berbagai teknologi terkini raksasa internet tersebut. Termasuk Android 12.

VP of Product Management, Android & Google Play, Sameer Samat menuturkan bahwa Android 12 dibuat berdasarkan semua yang disuka tentang Android, dan berfokus pada pembuatan smartphone yang sangat pribadi yang menyesuaikan dengan Anda, mengembangkan sistem operasi yang aman secara default dan pribadi menurut desain, dan membuat semua perangkat bekerja lebih baik bersama-sama.

"Hari ini, kami merilis versi beta pertama Android 12, dan memberi Anda gambaran tentang beberapa fitur yang akan tersedia di rilis mendatang," ujarnya dalam halaman resmi Google.

Menurutnya, Android 12 menyertakan perubahan desain terbesar dalam sejarah Android.

"Kami memikirkan kembali seluruh pengalaman, dari warna hingga bentuk, cahaya, dan gerakan. Hasilnya adalah Android 12 lebih ekspresif, dinamis, dan personal daripada sebelumnya," jelas Sameer Samat.

Personalisasi

Fitur dan tampilan Android 12. [Google]
Fitur dan tampilan Android 12. [Google]

 

Dimulai dengan Android 12 pada perangkat Pixel, kamu akan dapat mempersonalisasi smartphone sepenuhnya dengan palet warna khusus dan widget yang didesain ulang.

Menggunakan apa yang disebut ekstraksi warna, kamu bisa memilih wallpaper, dan sistem secara otomatis menentukan warna mana yang dominan, mana yang melengkapi dan mana yang terlihat bagus.

Kemudian menerapkan warna-warna itu di seluruh OS, mulai dari bayangan pemberitahuan, layar kunci, kontrol volume, widget baru, dan banyak lagi.

"Kami menyatukan ekosistem perangkat lunak dan perangkat keras kami di bawah satu bahasa desain yang disebut Material You," jelasnya.

Gerakan dan animasi mengalir

Dari saat mengambil perangkat Android 12, kamu akan merasakan bagaimana perangkat itu menjadi hidup dengan setiap ketukan, gesek, dan gulir.

Smartphone kamu dengan cepat merespons sentuhan dengan gerakan dan animasi yang halus. Misalnya, saat menutup notifikasi di layar kunci, jam kamu akan tampak lebih besar sehingga tahu saat semua sudah tersedia.

"Kami juga telah menyederhanakan interaksi dan merancang ulang seluruh sistem yang mendasari untuk membuat pengalaman Anda lebih lancar dan efisien," kata dia.

Perangkat Android mu sekarang lebih cepat dan lebih responsif, dengan efisiensi daya yang lebih baik sehingga dapat menggunakan perangkat lebih lama tanpa biaya.

Hal ini dicapai dengan beberapa perbaikan tersembunyi termasuk mengurangi waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan sistem inti hingga 22 persen dan mengurangi penggunaan inti besar oleh server sistem hingga 15 persen.

Ruang sistem yang didesain ulang

Beberapa ruang terpenting di smartphone, seperti bayangan pemberitahuan, pengaturan cepat, dan bahkan tombol daya, sengaja dirancang ulang untuk membantu kamu menyelesaikan berbagai hal.

Bayangan notifikasi lebih intuitif dan menyenangkan, dengan tampilan notifikasi aplikasi mu sekilas, apa pun yang sedang didengarkan atau tonton.

Pengaturan Cepat memungkinkan kamu mengontrol secara praktis seluruh sistem operasi dengan swipe dan satu ketukan.

Ruang Setelan Cepat tidak hanya terlihat dan terasa berbeda. Itu telah dibangun kembali untuk menyertakan Google Pay dan Kontrol Rumah, sambil tetap memungkinkan penyesuaian sehingga dapat memiliki semua yang paling dibutuhkan di satu tempat yang mudah diakses.

Untuk memastikan kamu selalu mendapatkan bantuan dari Google di ujung jari mu, kini cukup dengan menekan lama tombol daya untuk memanggil Asisten agar melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan, atau membacakan artikel dengan banyak teks.

Lebih pribadi dan aman dengan desain

Fitur dan tampilan Android 12. [Google]
Fitur dan tampilan Android 12. [Google]

 

Android 12 menyertakan fitur baru lebih banyak transparansi tentang aplikasi mana yang mengakses data kamu, dan lebih banyak kontrol.

Kamu dapat membuat pilihan yang tepat tentang seberapa banyak informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi.

Dasbor Privasi baru menawarkan satu tampilan ke pengaturan izin serta data apa yang sedang diakses, seberapa sering dan oleh aplikasi mana.

Ini juga memungkinkan kamu dengan mudah mencabut izin aplikasi langsung dari dasbor.

"Kami telah menambahkan indikator baru di kanan atas bilah status Anda sehingga tahu ketika aplikasi mengakses mikrofon atau kamera Anda. Dan jika Anda ingin menghapus akses aplikasi ke sensor ini untuk seluruh sistem, kami telah menambahkan dua sakelar baru di Setelan Cepat," jelas Sameer Samat.

Kamu juga dapat mengontrol lebih terhadap seberapa banyak informasi yang dibagikan dengan aplikasi.

Dengan perkiraan izin lokasi baru, aplikasi dapat dibatasi untuk hanya melihat perkiraan lokasi, bukan lokasi tepat.

Misalnya, aplikasi cuaca tidak membutuhkan lokasi akurat Anda untuk menawarkan prakiraan cuaca yang akurat.

"Di luar fitur privasi baru di Android 12 ini, kami juga membangun perlindungan privasi langsung ke dalam OS," katanya.

Ada lebih banyak peluang dari sebelumnya untuk menggunakan AI untuk membuat fitur baru yang bermanfaat, tetapi fitur ini harus dipasangkan dengan privasi yang kuat.

"Itulah mengapa dalam rilis ini kami memperkenalkan Android Private Compute Core. Ini memungkinkan kami untuk memperkenalkan teknologi baru yang menurut desainnya bersifat pribadi, memungkinkan kami untuk menjaga informasi pribadi Anda tetap aman, bersifat pribadi, dan lokal ke telepon Anda," beber dia.

Private Compute Core mengaktifkan fitur seperti Live Caption, Now Playing, dan Smart Reply.

Semua pemrosesan audio dan bahasa terjadi di perangkat, diisolasi dari jaringan untuk menjaga privasi Anda.

Seperti Android lainnya, perlindungan di Private Compute Core bersifat open source dan dapat diperiksa dan diverifikasi sepenuhnya oleh komunitas keamanan.

"Ada lebih banyak fitur yang akan hadir akhir tahun ini, dan kami akan terus mendorong batasan dan menemukan cara untuk mempertahankan standar tertinggi privasi, keamanan, dan keselamatan," ungkap Sameer Samat.

Android 12 Beta sudah tersedia di Pixel dan perangkat lain.

Itulah deretan fitur-fitur baru yang dihadirkan Android 12 dalam gelaran Google I/O. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait