Gadget

Dikonfirmasi, Realme GT Siap Dapatkan Android 12 Beta

Realme GT diharapkan sudah mendapatkan Android 12 Beta pada bulan ini.

Rezza Dwi Rachmanta

Teaser terbaru Realme GT. (Weibo/ Xu Qi Chase)
Teaser terbaru Realme GT. (Weibo/ Xu Qi Chase)

Hitekno.com - Dalam konferensi developer Google I/O, perusahaan telah mengungkapkan detail mengenai Android 12 termasuk Android 12 Beta 1. Bergerak cepat, Realme mengumumkan bahwa salah satu HP flagship perusahaan bakal memperoleh update Android 12 Beta.

Setelah tiga Developer Preview Android 12, Google telah resmi mengenalkan Android 12 Beta pertama di Google I/O 2021. Seperti biasa, Pixel akan menjadi perangkat pertama milik Google yang dapat merasakan sensasi sistem operasi Android terbaru.

Namun kita tak perlu memiliki Google Pixel untuk mendapatkan versi Android anyar. Beberapa OEM, telah mengonfirmasi niat mereka untuk merilis Android 12 Beta pada HP flagship-nya.

Realme mengungkapkan bahwa flagship mereka bakal mendapatkan rilis global segera setelah Android 12 Beta tersedia untuknya.

Menurut perusahaan, versi Beta akan diumumkan serta dirilis melalui situs Realme Community dalam rentang waktu sebulan setelah Android 12 Beta mulai tersedia.

Android 12 Beta siap datang ke Realme GT. (Realme)
Android 12 Beta siap datang ke Realme GT. (Realme)

 

Masih belum diketahui kapan tanggal resminya, namun perusahaan mengatakan bahwa Beta untuk "versi global" dari ponsel akan tersedia "dalam bulan ini".

Dilihat dari pengumuman tersebut, rentang aman dari klaim Realme sekitar akhir Mei atau Juni mendatang. Dikutip dari XDA Developer, perusahaan memberi tahu bahwa mereka tak menghadirkan versi baru dari Realme UI meski kedatangan Android 12 Beta.

Versi Beta awal hanya ditujukan kepada developer untuk menguji aplikasi mereka terhadap varian OS baru. Realme bukan satu-satunya OEM yang menggunakan Android 12 Beta 1.

Realme GT. (Realme China)
Realme GT. (Realme China)

 

OnePlus, Xiaomi, ASUS, dan OPPO juga telah mengonfirmasi untuk meluncurkan Android 12 Beta ke perangkat andalan mereka.

Perlu diketahui, Realme termasuk yang pertama merilis Android 11 Beta untuk HP Realme X50 Pro tahun lalu. Beberapa fitur sudah disiapkan di Android 12 termasuk fitur privasi untuk aplikasi, tampilan notifikasi yang lebih modern, hingga peningkatan antarmuka pada mode pengoperasian satu tangan.

Mengingat Realme GT siap mendapatkan Android 12 Beta, tak menutup kemungkinan beberapa kompetitor bakal merilis pengumuman untuk update yang sama pada deretan HP flagship-nya.

Berita Terkait