Gadget

Tak Jadi Dirilis, Microsoft Hentikan Proyek Windows 10X

Diharapkan jadi pesaing Chrome OS, Windows 10X telah layu sebelum berkembang.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Microsoft. (Microsoft)
Logo Microsoft. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft baru saja mengonfirmasi bahwa mereka tak lagi berencana merilis Windows 10X. Informasi ini terungkap dari blog resmi perusahaan bersamaan dengan update Windows 10.

Sebagai gantinya, Microsoft akan mengintegrasikan fitur-fitur Windows 10X ke dalam Windows dan produk lainnya. Awalnya, sistem operasi seharusnya tiba pada perangkat layar ganda seperti Surface Neo. Sistem diharapkan membawa antarmuka dan fitur yang lebih ringan serta sederhana.

Ketika memulai proyek, perusahaan bertujuan merancang Windows 10X untuk perangkat dengan layar ganda. Namun pada awal tahun ini, Microsoft mengumumkan bahwa itu akan dibuat untuk laptop ramah anggaran dengan layar tunggal.

Kita bahkan telah melihat demo mengenai fitur-fiturnya pada Januari 2021. Layu sebelum berkembang, Microsoft akhirnya memilih untuk tak meluncurkan Windows 10X.

"Alih-alih membawa produk Windows 10X ke pasar pada tahun 2021 seperti yang semula direncanakan, kami memanfaatkan pembelajaran dari perjalanan sejauh ini dan mempercepat integrasi teknologi 10X ke bagian lain Windows dan produk lain di perusahaan," kata John Cable selaku pimpinan Windows Servicing and Delivery dikutip dari The Verge.

Tampilan antarmuka Windows 10X. (Microsoft)
Tampilan antarmuka Windows 10X. (Microsoft)

 

Beberapa di antaranya sudah mulai muncul dalam bentuk wadah aplikasi baru, fitur voice typing lebih baik, dan keyboard sentuh yang dimodernisasi untuk Windows 10.

Perlu diketahui, Windows 10X diharapkan akan muncul sebagai pesaing Chrome OS. Perusahaan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencoba memodernisasi Windows. Saat itu, mereka berambisi untuk menciptakan versi Windows yang lebih ringan ke pasar.

Windows RT pertama kali dirilis bersamaan dengan tablet Surface pada 2012, dan disusul Windows 10 S tiba pada tahun 2017.

Windows 10S saat dipamerkan pada 2019 lalu. (Twitter)
Windows 10S saat dipamerkan pada 2019 lalu. (Twitter)

 

Keduanya tak maksimal dalam menyederhanakan Windows, namun Windows 10X memiliki beberapa fitur menjanjikan yang sekarang akan mulai muncul di Windows 10 sebagai gantinya.

Microsoft sendiri sudah merilis update Windows pada Mei 2021 dalam ukuran kecil. Pembaruan besar berikutnya akan dijadwalkan pada Oktober 2021.

Perusahaan sudah menyiapkan update besar yang mencakup perubahan visual dalam bentuk sistem ikon baru, peningkatan File Explorer, serta penambahan fitur Xbox Auto HDR.

Dilihat dari pengumuman di atas, versi Windows 10X yang lebih ringan untuk sementara ini sudah "mati". Masih belum diketahui apakah perusahaan bakal menyiapkan sistem operasi yang ringan lainnya dalam membendung perkembangan Chrome OS.

Berita Terkait