Gadget

Waduh, Chip Apple M1 Punya Celah Keamanan

Chip Apple M1 yang kini digunakan pada MacBook Air, MacBook Pro, Mac Mini, dan iMac.

Agung Pratnyawan

MacBook Pro 13 inci. (apple.com)
MacBook Pro 13 inci. (apple.com)

Hitekno.com - Apple telah resmi menggunkan chip mereka sendiri untuk perangkat iPad Pro, MacBook Air, MacBook Pro, Mac Mini, dan iMac. Yakni chip Apple M1 yang jadi andalannya.

Namun siapa sangka, ditemukan celah keamanan dari chip buatan Apple tersebut. Apakah ini akan membahayakan perangkat-perangkat dari Apple?

Celah keamanan dari chip Apple M1 ini diungkap oleh peneliti Hector Martin. Menurutnya, celah kerentanan ini ada di tingkat hardware chip M1 dan dinyatakan tidak bisa diperbaiki.

Mengutip Phone Arena, Minggu (30/5/2021), celah ini memungkinkan dua aplikasi dapat bertukar data secara diam-diam tanpa menggunakan fitur sistem operasi normal.

Untungnya, celah tersebut tidak menimbulkan risiko yang membahayakan. Menurut Hector Martin, celah ini tidak dapat digunakan oleh hacker untuk mengambil alih perangkat ataupun mencuri informasi pengguna.

Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)
Chip M1 besutan Apple. (Apple.com)

 

Namun celah ini dapat digunakan pengiklan untuk melacak data lintas aplikasi di perangkat. Celah ini juga akan memengaruhi semua perangkat M1 dan seri iPhone 12 yang didasarkan pada mikroarsitektur CPU yang sama dengan Apple M1.

Lebih lanjut, Apple tampaknya memodifikasi spesifikasi arsitektur Arm di chip M1 dari ketentuan yang ditentukan untuk persyaratan chip. Itu artinya, memperbaiki celah di chip tidak dapat dilakukan dengan cara mudah.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki celah keamanan tersebut adalah menjalankan seluruh sistem operasi sebagai mesin virtual (VM).

Namun, itu akan membuat perangkat menjadi lebih boros karena pemakaian sumber daya yang tidak perlu. Celah keamanan ini juga diperkirakan akan memengaruhi chip Apple M1 generasi berikutnya, tetapi mungkin diperbaiki pada chip berikutnya.

Ini menyiratkan bahwa chip M1X yang dilaporkan akan memberi daya pada MacBook Pro berikutnya juga akan memiliki celah kerentanan. Di sisi lain, Apple telah mengetahui adanya masalah di chip M1. Mereka juga mengakui cacat yang ada di chip tersebut.

Akankah Apple akan tinggal diam akan temuan celah keamanan ini? Apakah chip Apple M1 akan mendapatkan pembaruan versi? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait