Gadget

Bukan Apple Maupun Qualcomm, IBM Jadi yang Pertama Buat Chip 2nm

Dengan chip ini, IBM mengklaim membuat smartphone hanya nge-charge empat hari sekali.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Chip. (IBM)
Ilustrasi Chip. (IBM)

Hitekno.com - Berbagai desainer dan produsen chip berlomba-lomba mengecilkan fabrikasi. Seperti Qualcomm dan Apple, mulai mengarah ke chip 5nm. Namun tiba-tiba, ada IBM )International Business Machine) yang tiba-tiba menghadirkan chip 2nm.

Perusahaan teknologi asal Amerika serikat ini telah mengklaim berhasil memproduksi chip dengan fabrikasi 2nm untuk pertama kalinya di dunia.

Berkat fabrikasi 2nm, IBM mengatakan telah memasukkan lebih dari 50 juta transistor ke dalam sebuah chip yang ukurannya setara kuku manusia.

Dikutip dari Engadget, Minggu (9/5/2021), perusahaan mengklaim bahwa chipset ini dapat memberikan peningkatan kinerja 45 persen, dengan jumlah daya yang sama dengan chip fabrikasi 7nm saat ini.

Chip ini juga dikatakan menggunakan daya 75 persen lebih sedikit dengan chip 7nm. Perbandingan lain, prosesor 2nm ini memiliki kemampuan daya tahan baterai hingga empat kali lipat dari yang ada di chip 7nm.

Wafer chip 2nm. (IBM)
Wafer chip 2nm. (IBM)

 

IBM juga mengklaim jika smartphone yang menggunakan chip tersebut mungkin hanya perlu di-charger empat hari sekali.

Tak hanya perangkat seluler, chip 2nm juga dikatakan kompatibel dengan perangkat laptop hingga kendaraan otonom.

Laptop akan mendapatkan peningkatan kecepatan, sedangkan kendaraan bisa lebih cepat untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap suatu objek.

IBM mengklaim bahwa teknologi ini akan menguntungkan beberapa kebutuhan seperti efisiensi pangkalan data, eksplorasi ruang angkasa, kecerdasan buatan, jaringan 5G dan 6G, hingga komputasi kuantum.

Belum diketahui, kapan chip 2nm buatan IBM mulai tersedia di pasaran.

Sebab, pengumuman ataupun pembuatan satu chip 2nm dibanding menyediakannya secara massal adalah hal berbeda. Diyakini prosesor tersebut akan segera hadir dalam beberapa tahun mendatang.

Siapa nantinya yang akan menggunakan chip 2nm dari IBM ini, dan bakal dipasangkan ke perangkat apa? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait