Gadget

14 Fitur Andalan Chip Dimensity 1200, Tak Hanya Dual SIM 5G Saja!

Dimensity 1200, chip baru andalan MediaTek.

Agung Pratnyawan

Chip MediaTek Dimensity 1200. (MediaTek)
Chip MediaTek Dimensity 1200. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek telah resmi mengumumkan chipset Dimensity 1200, yang menjadi chip untuk HP 5G. Namun fitur apa saya yang diandalkan komponen smartphone ini?

Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Developing Platform Product Roadmap and Managing Go-To-Market Strategy, MediaTek menyampaikan sejumlah fitur untgulan dari chip Dimensity 1200 ini.

Tidak tanggung-tanggung, MediaTek membangkakan ke-14 fitur tersebut. Lebih lengkapnya, berikut ini 14 fitur andalan chipset MediaTek Dimensity 1200:

1. CPU 'Ultra Core' 3GHz

Dimensity 1200 menggabungkan CPU octa-core yang menggunakan empat core 'big' Arm Cortex-A78 terbaru, ditambah empat efisiensi khusus core Arm Cortex-A55. Salah satu dari empat core Cortex-A78 yang dirancang khusus adalah 'ultra-core' 3GHz, chip smartphone MediaTek tercepat, dengan dua kali ukuran cache L2, yang benar-benar meningkatkan performa.

2. Dari 7nm ke 6nm

Chip yang terintegrasi Dimensity 5G ini, seri 1000, 800 dan 700, hadir dengan menggunakan proses produksi TSMC 7nm yang canggih, namun MediaTek Dimensity 1200 (dan 1100) kini menggunakan teknologi produksi TSMC 6nm terbaru.

Dikombinasikan dengan pembaruan desain prosesor octa-core, MediaTek kini mampu meningkatkan performa hingga 22% dibandingkan seri unggulan Dimensity generasi sebelumnya, sekaligus juga lebih mampu menghemat 25% daya, serta memperpanjang masa pakai baterai lebih lama.

3. Kenyaman 5G di mana pun

Membangun fondasi yang dihadirkan oleh seri Dimensity tahun lalu, seperti penghematan daya dengan menggunakan MediaTek 5G UltraSave dan 5G-CA Mixed Duplex di seluruh TDD/FDD yang memberikan cakupan lebih besar dan kecepatan rata-rata yang lebih cepat, Dimensity 1200 baru ini menghadirkan keunggulan peningkatan khusus baru yang disebut ‘5G Elevator Mode’ & ‘5G HSR Mode’.

Keduanya masing-masing memastikan pengalaman terhubung yang mulus dengan waktu penyesuaian yang sangat cepat ketika berada di zona rawan sinyal seluler (mode elevator) dan performa terkoneksi yang lebih andal saat bepergian dengan laju kecepatan tinggi (mode HSR).

4. Dual 5G SIM Sungguhnya

MediaTek Dimensity 1200 adalah chip 5G pertama yang menghadirkan True Dual 5G SIM (DSDS) yang dapat terhubung ke jaringan 5G standalone + 5G standalone. True Dual 5G SIM memberikan konektivitas 5G future-proof dari kedua slot SIM untuk pengalaman pengguna 5G yang lebih konsisten dengan kualitas terbaik layanan panggilan suara dan video (VoNR) melalui kedua koneksi seluler.

Chip MediaTek Dimensity 1200. (MediaTek)
Chip MediaTek Dimensity 1200. (MediaTek)

 

5. Pengalaman jepretan low-light yang lebih cepat dan mode pengambilan gambar baru

Dimensity 1200 sudah mengupgrade performa low-lightnya dengan pengambilan gambar 20% lebih cepat, ditambah kemampuan baru untuk AI Panorama Night Shot dan AINR (AI noise reduction) + HDR secara bersamaan.

Keunggulan kemampuan baru ini telah dicapai melalui pengembangan lebih lanjut yang menyatukan manfaat dari prosesor AI multi-core yang kuat, ISP 5-core terdepan di kelasnya, dan akselerator hardware kamera khusus yang semuanya bekerja dengan mulus di belakang layar.

6. Dukungan kamera 200MP

Perusahaan smartphone bisa menambahkan kamera utama hingga 200MP, untuk menghadirkan keunggulan smartphone yang melampaui ekspektasi pengambilan gambar beresolusi sangat tinggi dan dengan tingkat kejelian yang belum pernah ada sebelumnya.

7. Perekaman Video HDR 4K dengan Rentang Dinamis 40% Lebih Besar

Mode perekaman video 4K HDR 'Staggered' baru mampu melakukan fusi gambar 3-eksposur secara real-time untuk memberikan rentang dinamis 40% lebih besar dalam pengambilan video, untuk hasil visual terbaik.

8. Built-in hardware decoding video AV1

AV1 merupakan teknologi kompresi video terbaru dan tercanggih, yang saat ini didukung oleh perusahaan teknologi global besar, para pembuat konten, dan layanan streaming, memungkinkan media dengan tingkat ketelitian visual yang baru, suara yang lebih jernih, serta resolusi yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, decoding hardware AV1 yang efisien dan efektif dengan cepat menjadi fitur ponsel pintar yang sangat penting, untuk memberikan akses ke layanan video streaming terbaru. Dimensity 1200 menggabungkan mesin decoding video AV1 berbasis hardware, yang sekaligus memastikan pemutaran media yang sangat efisien dan powerful.

9. Jadikan tontonan film dan serial TV SDR menjadi pengalaman HDR

'AI SDR-to-HDR' baru berfungsi seperti apa yang tertulis pada labelnya: upgrade konten SDR ke HDR secara real-time, dengan bantuan hardware dan software AI yang kuat dari Dimensity 1200s untuk melakukan deteksi suasana dan kontrol kontras.

Efek dinamis selaras dengan penyetelan kualitas gambar per bingkai untuk memastikan Anda mendapatkan setiap suasana konsisten dan semirip mungkin dengan konten HDR asli.

10. AI yang meningkatkan konferensi video dengan bitrate rendah

Karena kami saat ini sering bekerja dan mengajar dari rumah, kami sering kali harus melakukan konferensi video dan rapat online. Namun, tidak semua rumah atau koneksi bersama memiliki bandwidth yang cukup untuk streaming HD.

AI-ClearStreaming dirancang untuk mengurangi piksel dan memulihkan kualitas gambar dalam video live-streaming dengan bit-rate rendah, seperti konferensi video, yang meningkatkan pengalaman dengan memperbaiki ketelitian jika memungkinkan.

11. Menjadi kecanggihan teknologi untuk gaming generasi ke-3

MediaTek HyperEngine 3.0 meningkatkan keseluruhan pengalaman bermain game smartphone dengan generasi ketiga dari fitur andalan konektivitas yang tersemat dengan baik; audio nirkabel baru dan kemampuan grafis Ray Traced; serta peningkatan efisiensi daya dengan penghematan yang lebih besar di area utama.

12. Tampilan 168Hz yang sangat cepat

Sedang seri Dimensity 1000 memperkenalkan tampilan refresh rate 144Hz ultra-cepat, Dimensity 1200 kembali meningkatkan speed dial dengan dukungan untuk generasi terbaru refresh rate 168Hz yang bahkan lebih cepat. Kecanggihan ini memberikan visual ultra-tajam, zero-lag untuk para gamer kompetitif.

Bahkan bagi non-gamer akan merasakan bagaimana refresh yang lebih cepat bisa bermanfaat bagi pengalaman penggunaan sehari-hari dengan scrolling halaman web, scrolling sosial media, dan ragam animasi aplikasi yang lebih mulus.

13. Audio True Wireless Stereo baru

MediaTek Dimensity 1200 menggabungkan Bluetooth 5.2 dengan 'LE Isochronous Channels', juga ditambah encoding LC3 baru, yang memungkinkan kesiapan teknologi Bluetooth LE Audio dengan Dual-Link True Wireless Stereo Audio. Teknologi Dual-Link yang terakhir menangani setiap headphone TWS secara langsung, yang mengurangi latensi hingga 20%.

Standar encoding LC3 yang baru ini mengungguli kualitas suara pada playback media dibandingkan encoding SBC yang sebelumnya, bahkan pada kecepatan data yang lebih rendah. Dibandingkan dengan standar yang ada atau platform tertutup alternatif lainnya, teknologi ini lebih hemat daya sehingga memungkinkan masa pakai baterai headphone lebih lama.

14. Lokasi global yang komprehensif

Dimensity 1200 mendukung GNSS (L1+L5) dual-band, yang menyediakan cakupan konstelasi global terlengkap sehingga Anda dapat menyesuaikan situasi Anda di mana saja di belahan dunia mana pun. Rangkaian MediaTek Dimensity 5G, termasuk Dimensity 1200, mendukung Google 3D Mapping Aided Corrections untuk meningkatkan akurasi pemosisian GNSS di wilayah perkotaan.

Saat GNSS tidak tersedia, teknologi fusi sensor unik dari MediaTek memberikan kinerja lokasi penghitungan mati yang diperpanjang untuk memberi Anda perkiraan yang sangat akurat tentang di mana Anda berada, sampai koneksi GNSS pulih kembali.

Itulah 14 fitur unggulan yang ditawarkan MediaTek Dimensity 1200, bukan sekadar chip untuk HP 5G saja.

Berita Terkait