Gadget

Gandeng Unisoc, Xiaomi dan Oppo Ingin Buat Chip 5G Sendiri

Akankah Xiaomi dan Oppo ingin lepas dari MediaTek dan Qualcomm?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay/ mohamed_hassan)
Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay/ mohamed_hassan)

Hitekno.com - Xiaomi dan Oppo dilaporkan berniat untuk membuat chip 5G mereka sendiri. Yang nantinya akan mengurangi ketergantungan dua perusahaan asal China ini pada Qualcomm dan MediaTek sebagai pemasok chip.

Tidak sendirian, tentu saja Xiaomi dan Oppo bakal menggandeng perusahaan chip dari China. Tidak lain adalah Unisoc, perusahaan berbasis di Shanghai yang dilibatkan untuk penggarapan chip original tersebut.

Menurut laporan Android Authority, Jumat (9/4/2021), dua produsen smartphone asal China ini akan memperkenalkan chip 5G sub-6GHz pada akhir 2021 atau awal 2022.

Laporan ini juga menyebutkan peran dari Unisoc yang akan terlibat dalam pengembangan chip 5G untuk dua produsen smartphone tersebut.

Laporan ini datang bersamaan dengan meningkatnya investasi di China untuk kebutuhan produksi chip semikonduktor. Negara tersebut telah meningkatkan upaya untuk memproduksi chip lokal sehingga tidak terus bergantung dari produsen chip asing.

Di sisi lain, salah satu raksasa teknologi asal China lainnya, Huawei, juga kesulitan memproduksi chipset Kirin dari produsen TSMC. Hal ini terjadi lantaran adanya pembatasan dagang yang diberlakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Alhasil, produsen chipset besar seperti TSMC tidak diperbolehkan menjual komponen produksi mereka ke Huawei. Konsekuensi ini juga akan mengancam produsen smartphone China lainnya apabila hubungan AS-China semakin buruk.

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)
Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

 

Rencana vendor smartphone China ingin membuat chip sendiri bukanlah hal asing. Sebelumnya, Oppo pernah dilaporkan ingin membuat konsep yang disebut 'Mariana Plan' untuk memproduksi chip original buatan mereka sendiri.

Kabarnya, rencana tersebut juga akan melibatkan mantan eksekutif senior Qualcomm. Saudara Oppo lainnya, OnePlus dan Realme, juga dikabarkan mau bergabung dengan rencana pembuatan chip original tersebut.

Khusus Xiaomi, mereka baru saja mengumumkan chip image signal processing (ISP) hasil original yang dikenal Surge C1. Meski bukan chip berbasis sistem (SoC) seperti Snapdragon atau MediaTek, ini menunjukkan bahwa produsen China tersebut memang sanggup dalam membuat chip original.

Jika Xiaomi benar-benar membuat SoC untuk smartphone 5G dalam waktu dekat, maka itu akan menjadi upaya kedua perusahaan dalam membuat chip original. Pada 2017 lalu, Xiaomi berhasil membuat chip Surge S1 yang akhirnya dihentikan.

Selain vendor China, Google juga sempat dikabarkan bakal membuat chip smartphone khusus untuk Pixel 6. Namun belum diketahui kapan Google benar-benar merilis chipset tersebut.

Kita nantikan saja seperti apa chip 5G yang akan dibuat Xiaomi dan Oppo bersama Unisoc untuk smartphone mereka. Apakah bisa mengatasi ketergantungan pada komponen dari MediaTek dan Qualcomm? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait