Gadget

Bocoran Terkini, iPhone Baru Nanti Akan Pakai Notch Lebih Kecil

iPhone baru nanti belum meninggalkan notch?

Agung Pratnyawan

iPhone 12. (Apple)
iPhone 12. (Apple)

Hitekno.com - Apple dikabarkan menyiapkan iPhone baru yang memiliki notch atau poni pada layar depannya dengan ukuran lebih kecil. Bocoran ini diperkuat dengan foto terbaru pelindung layar.

Perangkat yang disebut-sebut sebagai iPhone 13 ini diduga memakai notch pada layarnya berukuran lebih kecil dibanding iPhone 12 atau seri-seri sebelumnya.

Bocoran ini berasal dari sebuah service provider di Yunani, iRepair. Mereka membagikan tiga panel kaca yang diklaim untuk seri iPhone baru nanti.

Ukuran layar yang ditampilkan pun mirip dengan varian iPhone 12, yakni 5,4 inci, 6,1 inci, dan 6,7 inci. Perbedaan terletak pada notch untuk kamera selfie dengan ukuran yang lebih kecil.

Dikutip dari Gizchina, Minggu (28/3/2021), notch lebih kecil ini dimunculkan karena speaker earpiece dipindahkan dari notch ke bagian atas bingkai.

Meski begitu, bocoran ini belum bisa dikatakan bakal digunakan resmi untuk iPhone 13 karena masih ada waktu untuk perubahan desain lainnya.

Berkaca dari 2017, iPhone X juga sempat dirumorkan akan kembali membawa fitur sensor wajah atau Face ID. Ketika diluncurkan, iPhone tersebut tetap tidak menggunakan sensor wajah.

Bocoran desain iPhone 13. [Macrumours]
Bocoran desain iPhone 13. [Macrumours]

 

Di sisi lain, analis Apple populer Ming-Chi Kuo juga memprediksi iPhone selanjutnya akan membawa layar punch hole seperti seri Samsung Galaxy S21 atau perangkat Android lainnya. Desain ini kemungkinan diterapkan pada 2022.

Kemudian pada 2023, Apple diyakini bakal menerapkan layar yang benar-benar penuh sekaligus membawa sensor sidik jari dalam layar.

Selain notch lebih kecil, ada spekulasi bahwa iPhone 13 kemungkinan datang dengan sensor Touch ID atau sidik jari dalam layar.

Beberapa laporan mengklaim bahwa sensor baru ini merupakan gabungan dari Face ID dan Touch ID.

Berbeda dengan peluncuran iPhone 12 tahun lalu yang terlambat karena pandemi Covid-19, iPhone 13 kemungkinan akan tiba sesuai jadwal normal atau September tahun ini.

Apakah nantinya bocoran tersebut benar? iPhone baru akan memiliki notch pada layar yang lebih kecil? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait