Gadget

Apple Update iOS 14.5, Ini Deretan Fitur Terbarunya

Apple resmi merilis pembaruan sistem operasi iOS 14.5.

Dinar Surya Oktarini

Fitur baru iOS 14. (Apple)
Fitur baru iOS 14. (Apple)

Hitekno.com - Sistem operasi terbaru Apple iOS 14.5  untuk iPhone dan iPad akhirnya dirilis untuk para pengembang aplikasi. 

Sistem operasi baru ini menghadirkan beberapa fitur yang akan memudahkan pengguna.

Apa saja fitur yang terdapat di iOS 14.5? Berikut rinciannya, dikutip dari MacRumors, Selasa (2/2/2021):

1. Buka Kunci iPhone dengan Apple Watch

Apple kini memudahkan pengguna untuk membuka kunci iPhone ketika mereka menggunakan masker. Mereka bisa memasangkan fitur tersebut dengan perangkat Apple Watch lewat fitur "Unlock with Apple Watch".

Apple Watch 6 Series. [Apple]
Apple Watch 6 Series. [Apple]

Pengguna harus memiliki iPhone dengan iOS 14.5 dan Apple Watch dengan watchOS 7.4. Jam pintar tersebut juga harus dalam kondisi tidak terkunci.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup membuka Setting > Face ID & Passcode, kemudian pilih opsi Unlock with Apple Watch.

2. Dual-SIM 5G

Apple juga memberikan dukungan Dual-Sim 5G pada seri iPhone 12. Sebelumnya, mode Dual-SIM hanya terbatas untuk jaringan LTE di semua negara kecuali China. Namun kini pengguna bisa menggunakan jaringan 5G di dua kartu SIM mereka.

3. AirPlay 2 untuk Fitness+

iOS 14.5 kini mengaktifkan dukungan Airplay 2 untuk aplikasi Apple Fitness+. Pengguna kini bisa menggunakan aplikasi tersebut lewat perangkat smart TV atau perangkat lain yang mendukung AirPlay 2.

4. Dukungan Controller PS5

Dengan iOS 14.5, pengguna bisa menggunakan controller DualSense PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X melalui iPhone. Apple juga memungkinkan dukungan yang sama pada Apple TV melalui pembaruan tvOS 14.5.

PlayStation 5. [PlayStation]
PlayStation 5. [PlayStation]

5. Dukungan Apple Card Family

Kode dalam pembaruan iOS 14.5 menunjukkan bahwa akan ada fitur baru untuk pengguna Apple Card. Hal ini memungkinkan pengguna hanya memiliki satu kartu yang sama dengan anggota keluarga mereka.

6. Panggilan Darurat di Asisten Siri

iOS 14.5 memiliki fitur yang memungkinkan Siri memanggil layanan darurat dengan perintah "Hey ‌Siri‌, call emergency". Ini tampaknya juga berfungsi di versi iOS sebelumnya, jadi ini mungkin perubahan sisi server.

Apple Siri. [Shutterstock]
Apple Siri. [Shutterstock]

7. Transparansi Pelacakan Aplikasi

Saat iOS 14.5 dirilis, pengembang perlu meminta dan menerima izin pengguna untuk mengakses pengenal iklan acak mereka, yang digunakan untuk melacak aktivitas di seluruh aplikasi dan situs web.

8. Podcast

Ada beberapa perubahan desain yang dilakukan pada aplikasi Podcasts. Kolom "Shows" sekarang lebih menonjol dengan deskripsi episode dan akses yang lebih mudah untuk tombol "Resume". Tab Pencarian juga memungkinkan pengguna menjelajahi berbagai kategori untuk menemukan apa yang dicari.

9. Aplikasi Reminder atau Pengingat

Sekarang ada opsi untuk mengurutkan daftar di Reminder berdasarkan Tanggal Jatuh Tempo, Tanggal Pembuatan, Prioritas, atau Judul, ditambah ada opsi untuk mencetak daftar Reminder.

10. Aplikasi Berita

Fitur di iOS 14.5. [Macrumors]
Fitur di iOS 14.5. [Macrumors]

Ada tab Pencarian baru di aplikasi Apple News dan kolom News+ telah didesain ulang dengan fitur "For You", serta dan tab Browse yang lebih mudah diakses.

11. Pengaturan Peringatan Darurat

Jika pengguna pergi ke Settings > Notifications > Emergency Alerts, maka mereka dapat menonaktifkan "Always Deliver" yang bertujuan peringatan darurat tidak berbunyi saat ponsel dalam mode Silent.

Sementara untuk peringatan seperti gempa bumi, tsunami, dan peringatan darurat lainnya tetap membuat iPhone pengguna membunyikan alarm.

Itulah deretan fitur terbaru dari iOS 14.5 yang disematkan Apple. (Suara.com/Dicky Prastya)

Berita Terkait