Gadget

Apa Itu WA GB, Beda dengan Aplikasi WhatsApp?

Apakah kamu pengguna WA GB juga?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Hitekno.com - WA GB sedang jadi pembicaraan panas netizen di media sosial, bahkan sampai masuk trending topik Twitter Indonesia hari ini, Selasa (2/2/2021). Tapi apa itu WA GB apakah ada hubungannya dengan aplikasi WhatsApp?

Keramaian netizen membahas WA GB sendiri berawal dari postingan akun @subtanyarl yang langsung mendapatkan berbagai tanggapan. Mulai dari kejengkelan netizen pada pengguna WA GB.

Dalam cuitan @subtanyarl dipostingkan berbagai tangkapan layar dari komentar sebuah video TikTok soal aplikasi WA GB tersebut. Banyak pengguna TikTok yang mendukung dan tidak mempersalahkan pemakaian aplikasi ini.

Namun berbeda dengan netizen di Twitter, yang dalam cuitannya lebih dominan menolak bahkan membenci para pemakai aplikasi tersebut. Bahkan menganggap telah melanggar privasi pengguna.

Saking ramainya cuitan terkait WA GB ini, sampai masuk trending topik Twitter sejak Selasa siang. Lebih dari 6400 cuitan netizen membahas aplikasi chat yang sedang ramai ini.

Namun sebenarnya apa itu WA GB tersebut? Yakni aplikasi modifikasi WhatsApp dengan menambahkan beragam mod. Yang tentunya bukan resmi diluncurkan oleh layanan milik Facebook tersebut.

Ada beragam WhatsApp mod yang beredar, mulai dari WhatsApp GB, GBWhatsApp, dan masih banyak lagi. Yang umumnya dibuat pihak ketiga yang tidak tersedia di toko aplikasi resmi.

Netizen ramai bahas WA GB. (Twitter/ subtanyarl)
Netizen ramai bahas WA GB. (Twitter/ subtanyarl)

 

Seperti dalam situs distribusi aplikasi non-resmi, GBWhatsApp memiliki berbagai fitur lain yang tidak tersedia dalam aplikasi WhatsApp resminya. Tidak hanya merubah tampilan, seperti stiker dan tema.

Aplikasi WhatsApp mod ini juga bisa melihat riwayat pesan yang pernah dihapus maupun status. Sehingga pesan dan status terhapus pun masih terlihat dari pengguna GBWhatsApp tersebut.

Begitu juga dengan WhatsApp GB atau WA GB yang memiliki fitur di luar bawaan aplikasi WhatsApp. Seperti pesan terjadwal, menyembunyikan status online, hingga mengirim video dan gambar lebih besar.

Aplikasi WhatsApp mod ini juga memungkinkan mengirim pesan kosong, menyalin status, menyembunyikan terakhir dilihat, dan beragam fitur lainnyaTerlebih soal tema dan bahasa yang didukung.

Meski punya banyak fitur dibandingkan aplikasi resminya, sebaiknya berhati-hati untuk instal aplikasi hasil modifikasi. Terlebih jika didapatkannya bukan dari toko aplikasi resmi.

Terlebih tidak adanya dukungan resmi WhatsApp, tidak ada jaminan dari keamanan data pribadi pengguna. Tidak jarang ada laporan pengguna aplikasi semacam WA GB yang kena blokir.

Berita Terkait