Gadget

Tawarkan Video Conference dengan AI, Huawei IdeaHub Dikenalkan di Indonesia

Menghadirkan ekosistem smart-office, Huawei IdeaHub sudah dibekali beberapa fitur AI.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Huawei IdeaHub. (Huawei Indonesia)
Ilustrasi Huawei IdeaHub. (Huawei Indonesia)

Hitekno.com - Pada hari ini (08/12/2020), Huawei Indonesia mengenalkan perangkat sekaligus aplikasi pintar yang diklaim memudahkan video conference. Dinamakan sebagai Huawei IdeaHub, ini adalah perangkat all-in-one yang dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan.

Mengintegrasikan perangkat komunikasi seperti proyektor, papan tulis, mikrofon, pengeras suara, tablet, PC, TV, dan konferensi video, Huawei IdeaHub series menggabungkan perangkat tersebut (tanpa terbebani oleh koneksi kabel yang rumit) ke dalam solusi kolaborasi digital yang ramping.

Tool sudah terdiri dari beberapa fitur penting termasuk whiteboard virtual, pengganti projektor, cloud meeting dan fitur device-cloud synergy.

Peserta rapat online dapat melakukan presentasi sembari menggambar atau memberikan catatan melalui layar jumbo yang mendukung fitur touchscreen.

Dalam presentasinya, Galuh Purnama selaku Product Manajer of Cloud & AI Business Dept, Huawei Indonesia menjelaskan bahwa Huawei IdeaHub sudah dilengkapi dengan fitur AI atau kecerdasan buatan.

Ilustrasi Huawei IdeaHub ketika diletakkan di kantor. (Huawei Indonesia)
Ilustrasi Huawei IdeaHub ketika diletakkan di kantor. (Huawei Indonesia)

Salah satu fungsi AI dapat meredam suara dari luar ketika rapat online berlangsung. Susunan 12 mikrofon yang ada dibekali teknologi beamforming untuk menangkap suara manusia dalam radius 8 meter.

AI bekerja dengan memblokir kebisingan di sekitar perangkat melalui algoritma eksklusif yang dikembangkan oleh Huawei.

Itu membuat suara mengganggu di luar radius tersebut tidak akan terdengar saat video conference. Frekuensi transfer yang lebih luas diklaim menghadirkan audio Hi-Fi yang jernih.

Ilustrasi Huawei IdeaHub ketika diletakkan di kantor. (Huawei Indonesia)
Ilustrasi Huawei IdeaHub ketika diletakkan di kantor. (Huawei Indonesia)

Melihat pentingnya kolaborasi secara virtual, Huawei berinovasi dengan teknologi IdeaHub Series untuk menghadirkan fitur-fitur yang lebih efisien. Kolaborasi dapat dilakukan dari jarak jauh dan efisien karena mendukung rapat berbasis cloud," kata Galuh Purnama.

Video conference dapat dilakukan dalam resolusi 1080p dengan pembagian konten pada layar hingga resolusi 4K.

Dengan adanya Huawei IdeaHub, peserta bisa mengganti projektor tradisional sehingga presentasi yang ada langsung ditampilkan pada layar sentuh besar dengan ukuran 65 hingga 85 inci.

Fitur Auto Zoom pada Huawei IdeaHub. (Huawei Video Conference)
Fitur Auto Zoom pada Huawei IdeaHub. (Huawei Video Conference)

Perusahaan dengan bangga mengumumkan bahwa perangkat all-in-one milik mereka telah memenangi Red Dot Award 2020.

Perangkat diklaim dapat dengan mudah mengubah ruang konferensi, kantor eksekutif, dan area terbuka menjadi "ruang pintar" yang kondusif.

Menggunakan kamera HD hingga 4K, IdeaHub mendukung kecerdasan buatan yang memungkinkan perangkat untuk melakukan fitur auto zoom.

Ketika seseorang sedang presentasi atau mengeluarkan suara, fitur auto zoom akan segera aktif dan menyorot ke arah wajah pembicara.

Terdapat tiga varian yang dipasarkan ke Indonesia termasuk IdeaHub S, IdeaHub Pro, dan IdeaHub Enterprise. Untuk melihat spesifikasi Huawei IdeaHub secara lengkap dan penawaran harganya, pengguna bisa mengunjungi situs resmi perusahaan melalui link ini. 

Berita Terkait