Gadget

EMUI 11 Versi Stabil Siap Datang ke Huawei P40 Series dan Mate 30 Pro

EMUI 11 akan datang ke Huawei P40, P40 Pro dan Mate 30 Pro.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Huawei EMUI 11. (Huawei)
Huawei EMUI 11. (Huawei)

Hitekno.com - Perusahaan diketahui sedang bersiap merilis update EMUI 11 versi stabil untuk beberapa HP flagship Huawei. Ketiga HP flagship yang mendapatkan update ini adalah Huawei P40, P40 Pro dan Mate 30 Pro.

Sebuah screenshot update telah diunggah ke Reddit oleh blog teknologi asal Turki, Huawei Ailesi.

Meski chagelog update dalam bahasa Turki, kita bisa mendapatkan beberapa catatan mengenai update versi stabil ini.

Sebagai informasi, Huawei Mate 30 dan Mate 40 series sempat menerima EMUI 11 vesi beta pada Oktober lalu. Versi update terbaru ini memiliki perubahan yang tak terlalu signifikan jika dibandingkan versi beta-nya.

Dikitip dari GSM Arena, perubahan paling menonjol adalah tanda halus yang menyiratkan ketergantungan Huawei pada Android bakal beralih ke Harmony OS milik perusahaan.

Update EMUI 11 versi stabil. (HuaweiAilesi via GSM Arena)
Update EMUI 11 versi stabil. (HuaweiAilesi via GSM Arena)

 

Di layar boot-up misalnya, EMUI masih bertuliskan "Powered by Android" namun tidak lagi menggunakan logo Android berwarna hijau.

Perubahan lain ada pada kata-kata di patch security. Terdapat kata "security patch level" tanpa menyatakan kata "Android".

Beberapa Air Gesture yang diperkenalkan perusahaan pada Huawei Mate 40 series telah tiba di Mate 30 series dengan adanya update tersebut.

Update EMUI 11 versi stabil. (GSM Arena)
Update EMUI 11 versi stabil. (GSM Arena)

 

Selain itu, terdapat tema EMUI baru yang disebut 'Starry Night'. Update hadir dengan nomor versi i 11.0.0.151 dan akan memakan memori sekitar 1,1 GB.

Terkait embargo dari Amerika Serikat yang masih berlaku pada Huawei dan ketidakmampuannya dalam mendapatkan lisensi Google Service, EMUI 11 diprediksi menjadi versi terakhir "Android" pada jajaran HP milik Huawei.

EMUI 11 diyakini meletakkan dasar bagi beberapa HP populer Huawei agar mereka secara perlahan melepaskan ketergantungan pada OS milik Google. Update masih berjalan terbatas di Turki namun diyakini bahwa perusahaan juga akan memperluas update Huawei P40, P40 Pro dan Mate 30 Pro pada negara lain.

Berita Terkait