Gadget

Ikuti Apple, Huawei Kembangkan PC dengan Prosesor Berbasis ARM

Langkah Apple tinggalkan prosesor Intel juga diikuti Huawei.

Agung Pratnyawan

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Apple telah memastikan akan meninggalkan prosesor Intel berbasis x86, berganti chip mereka sendiri dengan arsitektur turunan ARM. Langkah serupa akan dilakukan Huawei juga.

Perusahaan asal China ini mengandalkan HiSilicon sebagai desainer chip mereka pada perangkat mobile seperti smartphone. Yakni chipset Kirin yang ditemukan pada HP Huawei.

Sama halnya dengan Apple, yang membawa chip berbasis ARM untuk disematkan pada PC yang mereka desain sendiri. Bahkan Huawei sudah seiap dalam wujud resminya.

Dikutip HiTekno.com dari GSM Arena, muncul potret prototipe Huawei MateStation B515, sebuah komputer desktop yang akan digunakan oleh pemerintah China.

Perangkat ini akan ditenagai prosesor berbasis ARM, yakni Kunpeng 920 (D920S10). Huawei mempercayakan fabrikasi chip yang didesain HiSilicon ini kepada TSMC.

Huawei MateStation B515, PC Desktop dengan prosesor ARM. (Weibo via GSM Arena)
Huawei MateStation B515, PC Desktop dengan prosesor ARM. (Weibo via GSM Arena)

 

Kunpeng 920 sendiri telah disiapkan untuk proses fabrikasi 7 nm. Dan isinya berupa empat atau delapan core yang berjalan pada 2,6 GHz. Dan menggunakan RAM DDR4 2400 maksimal 64 GB.

Huawei juga sudah menyiapkan motherboard untuk prosesor Kunpeng 920 seperti dalam foto yang beredar di media sosial China, Weibo. Terlihat sudah mendukung beragam fitur modern.

Mulai dari 2 slot M.2 untuk SSD, 6 SATA 3.0, 1 PCIe x16, 1 PCIe 3.0 x4, dan PCIe 3.0 1x. Juga terdapat 4 USB 3.0 dan 4 USB 2.0, ditambah port jaringan.

Menurut GSM Arena, Kunpeng 920 bisa dikembangkan tidak hanya 8 core saja. Bahkan bisa sampai 64 core, dan hanya membutuhkan daya 180 watt untuk inti sebanyak itu.

Dari apa yang ditawarkan di atas, nampak prosesor ARM dari Huawei ini lebih fleksible dibandingkan chip M1 yang digunakan Apple untuk Mac dan Macbook.

Motherboard Huawei MateStation B515, PC Desktop dengan prosesor ARM. (Weibo via GSM Arena)
Motherboard Huawei MateStation B515, PC Desktop dengan prosesor ARM. (Weibo via GSM Arena)

 

Dilaporkan pula, nantinya Huawei MateStation B515 akan hadir sebagai PC desktop yang dipaketkan bersama monitor 23,8 inci. Dan paket spesifikasi yang diberikan cukup menarik.

Huawei MateStation B515 akan dilengkapi CPU 8 Core, RAM 8 GB, storage 256 GB SSD, GPU R7 430, DVD driver, dan semua itu hanya membutuhkan power supply 180 watt saja.

Sayangnya belum jelas sistem operasi apa yang akan disematkan pada PC desktop Huwaei ini. Mengingat Windows 10 untuk ARM juga belum sempurna, diduga akan memakai Linux.

Tidak terbatas untuk PC desktop saja, Huawaei juga menyiapkan prosesor Kunmeng ini untuk gisematkan pada server. Dan menjanjikan performa dan efisiensi daya tinggi.

Huawei siapkan server dengan prosesor ARM. (Weibo via GSM Arena)
Huawei siapkan server dengan prosesor ARM. (Weibo via GSM Arena)

 

Belum diketahui juga kapan PC desktop Huawei MateStation B515 dengan prosesor ARM ini mulai dipasarkan, begitu juga dengan banderol harganya.

Berita Terkait