Gadget

Oppo Ajukan Paten Baru, Bawa Kamera Under Display

HP 5G ini masih mengusung jack headphone 3.5 mm dan membawa empat kamera belakang.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Oppo. (Oppo)
Logo Oppo. (Oppo)

Hitekno.com - Akhir-akhir ini, Oppo merilis HP barunya, terutama Reno series, dengan desain inovatif. Ternyata Oppo baru saja mengajukan paten mengenai desain HP dengan kamera under display.

Setelah punch-hole, kamera under display diprediksi bakal diusung oleh HP flagship di masa depan. Sebagai informasi, Reno 4, Reno 4 Pro, dan Reno 4Z merupakan HP 5G dengan spesifikasi menarik.

DNA kamera dari Oppo Reno 4 series ini masih dibawa oleh perusahaan pada paten barunya. Diberitakan pertama kali oleh blog teknologi Lets Go Digital, Oppo telah mengatongi paten terkait HP baru dengan desain khusus.

Guangdong Oppo Mobile Telecommunications mengajukan paten desain HP ke CNIPA (China National Intellectual Property Office) pada akhir 2019.

Namun itu baru disetujui dan dipublikasikan pada 23 Oktober 2020. Desain paten ini diilustrasikan kembali oleh Lets Go Digital.

Desain paten Oppo dengan fitur kamera under display. (Lets Go Digital)
Desain paten Oppo dengan fitur kamera under display. (Lets Go Digital)

 

Sistem modul kamera bundar dipasang pada bodi bagian belakang. HP 5G ini masih mengusung jack headphone 3.5 mm dan membawa empat kamera belakang.

Dikutip dari Lets Go Digital, semua model HP premium terbaru dari Oppo memiliki setidaknya 5x Hybrid Zoom. Fitur tersebut diprediksi bakal disematkan pada desain paten yang baru saja dikantongi Oppo.

Tombol fisik juga terlihat istimewa. Di sisi kiri terdapat tombol untuk pengaturan volume, sementara di sisi kanan terdapat tombol power.

Desain paten Oppo membawa fitur kamera under display dan empat kamera belakang. (Lets Go Digital)
Desain paten Oppo membawa fitur kamera under display dan empat kamera belakang. (Lets Go Digital)

 

Namun, tombolnya agak tersembunyi di dalam bingkai, sehingga bagian sisinya terlihat mulus, minim tonjolan.

Layarnya mengusung screen-to-body yang terlihat luas mengingat sudah dibekali fitur kamera under display.

Karakter ramping yang dipadukan dengan desain full screen serta fitur kamera bawah layar membuat paten desain HP baru Oppo tampak mewah.

Mengingat ini desain paten, masih belum diketahui apakah Oppo berniat merilis secara komersial HP dengan kamera under display dalam waktu dekat atau tidak.

Berita Terkait