Gadget

Saingi WhatsApp dan Telegram, India Buat Aplikasi Pesan Ini

Angkatan Darat India lalu meluncurkan aplikasi pengiriman pesan yang aman bernama Secure Application fot the Internet atau SAI.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi chatting. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi chatting. (pixabay/rawpixel)

Hitekno.com - Dalam laporan terbaru, India disebut-sebut tengah dalam persiapan untuk membuat aplikasi pesan yang dapat menyaingi kepopuleran WhatsApp dan Telegram. Aplikasi pesan tersebut adalah Secure Application for the Internet (SAI).

Aplikasi pesan buatan India ini rupanya merupakan ide Perdana Menteri India, Narendra Modi. Dirinya berharap agar India mampu membuat aplikasi kelas dunia yang mampu bersaing dengan lainnya.

Melansir dari India Today, Narendra Modi menantang para engineer dan komunitas start up di India untuk dapat membuat aplikasi pesan dengan sistem yang aman dan tentunya berasal dari India.

Menjawab tantangan Narendra Modi, Angkatan Darat India lalu meluncurkan aplikasi pengiriman pesan yang aman bernama Secure Application for the Internet atau SAI. Mampu saingi WhatsApp dan Telegram, aplikasi ini dapat digunakan di Android.

Dalam konfirmasi resminya, Kementerian Pertahanan India menyebut Secure Application for the Internet mampu mendukung layanan panggilan suara dan video serta untuk mengirimkan pesan.

Ilustrasi chatting. (pixabay/brunamereu)
Ilustrasi chatting. (pixabay/brunamereu)

 

Sudah sangat canggih, Secure Application for the Internet bahkan sudah dibekali dengan sistem keamanan secara end-to-end yang membuatnya semakin mirip dengan WhatsApp dan Telegram.

Mendapat dukungan resmi dari Angkatan Darat India, Secure Application for the Internet dibekali dengan fitur keamanan berdasarkan server dan kode internal lokal yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Bahkan sebelum akhirnya diperkenalkan, Secure Application for the Internet telah diperiksa oleh auditor setempat dan melewati proses pengajuan Hak Kekayaan Intelektual yang telah diproses.

Untuk saat ini, Secure Application for the Internet baru tersedia untuk kalangan militer India dan belum tersedia untuk masyarakat umum. Tidak diketahui dengan pasti mengenai kapan aplikasi ini dapat digunakan secara bebas.

Berita Terkait