Gadget

Rayakan Ulang Tahun, Kini Aplikasi Instagram Bisa Ganti Ikon

Sayangnya baru tersedia untuk iOS.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ NeONBRAND)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ NeONBRAND)

Hitekno.com - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke 10, aplikasi Instagram mendapatkan fitur unik. Yakni memungkinkan pengantian ikon ke versi lawasnya.

Platform berbagi foto ini sendiri telah didirikan sejak 6 Oktober 2010 silam. Dalam perjalanan satu dekade ini, telah melakukan sejumlah perubahan ikon.

Dari versi perdana yang menggunakan ikon kamera polaroid sejak awal diluncurkannya. Masih di awal juga, aplikasi Instagram mengubah versi lain.

Lalu berubah lagi pada 2011, hingga akhirnya menggunakan ikon seperti sekarang pada 2016 silam. Ikon dari masing-masing era ini, bisa kamu gunakan kembali.

Namun sayangnya update mengembalikan ikon lawas aplikasi Instagram ini baru tersedia untuk perangkan iOS seperti iPhone dan iPad saja.

Ikon aplikasi Instagram versi lawas. (Mirror.co.uk)
Ikon aplikasi Instagram versi lawas. (Mirror.co.uk)

 

Tim HiTekno.com sendiri belum mendapati adanya fitur serupa pada aplikasi Instagram untuk versi Android. Namun pengguna iOS sudah bisa memakainya.

Salah satunya selebgram Alexander Thian yang membagikan pengalaman fitur baru ini ke akun Twitter miliknya pada hari ini (6/10/2020).

Nampak dari video yang dipostingkan lewat akun Twitter @aMrazing ini, pengguna iOS bisa masuk ke bagian setting lalu menarik fitur tersebunyi tersebut dari atas.

Lengkapnya, simak video fitur baru tersebut di sini.

Atau bisa juga kamu pengguna iOS untuk mengikuti langkah berikut ini.

  1. Update aplikasi Instagram di perangkat kamu
  2. Masuk ke profile, lalu buka setting
  3. Swipe ke bawah hingga muncul dereta emoji
  4. Terus lakukan hingga muncul deretan ikon Instagram
  5. Pilih ikon mana yang hendak kamu gunakan

Itulah cara mengganti ikon aplikasi Instagram yang kini ada di iOS. Kamu bisa bernostalgia bagaimana ikon lawas yang digunakannya, bahkan di awal peluncuran.

Berita Terkait