Gadget

Bocoran Anyar, Samsung Galaxy Z Fold 3 Bawa Kamera Under Display?

Galaxy Z Fold 3 diprediksi membawa kamera under display pertama dari Samsung.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Hitekno.com - Kamera under display (bawah layar) diharapkan dapat menjadi teknologi masa depan pada HP flagship. Bocoran terbaru mengklaim bahwa Samsung Galaxy Z Fold 3 bakal mengusung kamera under display pertama dari perusahaan.

Laporan ini datang dari media Korea Selatan, The Elec, di mana mereka juga mengungkapkan spekulasi pembatalan kamera under-display pada Samsung Galaxy S21.

Sebagai informasi, sebelumnya, seri Galaxy terbaru (yang diprediksi bakal disebut Samsung Galaxy S21 atau Galaxy S30) diharapkan dapat membawa kamera under display pertama dari Samsung.

Namun laporan anyar dari The Elec mengklaim bahwa Samsung hanya bisa memproduksi dalam jumlah rendah mengenai teknologi kamera under display.

Itu membuat Samsung Galaxy S30 atau S21 tidak akan datang dengan teknologi tersebut.

Samsung Galaxy Z Fold2. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Fold2. (Samsung)

 

Padahal HP baru di kelas flagship yang diprediksi meluncur pada kuartal pertama 2021 itu diharapkan bakal mengadopsi kamera under-display.

Sebaliknya, Samsung Galaxy Z Fold 3 yang tiba pada paruh kedua tahun 2021 kemungkinan akan menampilkan teknologi kamera di bawah layar.

Dikutip dari Android Authority, Galaxy S30 dilaporkan akan mengemas punch-hole yang dipasang di tengah (sekali lagi), mirip yang kita lihat pada seri Galaxy S20, seri Galaxy Note 20, dan keluarga Galaxy Note 10.

Tampilan luar dan dalam dari Samsung Galaxy Z Fold 2 telah menawarkan ruang layar yang lebih besar.

Logo Samsung. (Samsung)
Logo Samsung. (Samsung)

 

Dirilis pada September lalu, Samsung Galaxy Z Fold 2 membawa layar Foldable Dynamic AMOLED 2X yang bisa merentang hingga 7,6 inci. Cover Display-nya menawarkan layar Super AMOLED 6,23 inci.

Jika bocoran di atas terbukti, maka Samsung Galaxy Z Fold 3 dapat menawarkan layar yang benar-benar penuh. Samsung dan ZTE bukan satu-satunya produsen yang menawarkan kamera selfie dalam layar pada tahun 2021. Xiaomi telah mengonfirmasi niatnya untuk memproduksi HP baru secara massal dengan teknologi tersebut tahun depan.

Meski begitu, Samsung bisa selangkah di depan apabila menggabungkan kamera under-display dengan HP lipat di kelas flagship.

Berita Terkait