Gadget

Kerjakan Perangkat Anyar, Samsung Siapkan Fitur Fast Charging 65 W

Adaptor yang mendukung fast charging 65 W ini ditujukan untuk perangkat flagship Samsung.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Samsung. (Samsung)
Logo Samsung. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung dikabarkan sedang mengerjakan adaptor fast-charging untuk perangkat anyarnya. Bocoran terbaru menunjukkan bahwa adaptor akan mendukung fitur fast charging 65 W.

Laporan dari Sam Mobile menyatakan bahwa kemungkinan adaptor anyar ini akan disediakan untuk Samsung Galaxy S21.

Kabar terbaru mengindikasikan kuat bahwa Samsung sedang mengejakan sebuah pengisi daya anyar dengan nomor model EP-TA865. Terdapat dua alasan mengapa itu bisa menjadi charger anyar dari Samsung.

Hal pertama adalah perangkat tersebut disertifikasi oleh National Radio Research Agency di Korea Selatan sebagai "travel adapter".

Selain itu, perangkat diproduksi oleh Solum Vina Co Ltd. dari Vietnam. Sebagai informasi, perusahaan itu telah membuat beberapa pengisi daya untuk HP Samsung.

Perangkat Samsung yang diduga menawarkan fitur fast charging 65 W. (National Radio Research Agency via Sam Mobile)
Perangkat Samsung yang diduga menawarkan fitur fast charging 65 W. (National Radio Research Agency via Sam Mobile)

 

Alasan lain adalah nomor model charger cukup mirip dengan nomor model perangkat pendahulu yang ditujukan untuk Galaxy Note 10 series.

EP-TA845 merupakan perangkat dengan fitur fast charging 45 W yang dirilis sebagai aksesori opsional untuk Galaxy Note 10+.

EP-TA865 dan EP-TA845 tentu membawa pola model yang hampir mirip satu sama lain. Angka pada urutan terakhir mengindikasikan penanda dari seberapa cepat fast charging yang ditawarkan.

Jika angka "45" pada EP-TA845 menawarkan fitur fast charging 45 W, maka EP-TA865 diduga dapat menghadirkan fast charging 65 W.

Dikutip dari Gizmochina, EP-TA865 dimaksudkan untuk diluncurkan bersamaan dengan lini Galaxy S21 atau Galaxy S30 pada awal tahun depan.

Samsung Galaxy Note 10 Plus edisi Star Wars. (Samsung)
Samsung Galaxy Note 10 Plus edisi Star Wars miliki aksesori opsional charger dengan fast charging 45 W. (Samsung)

 

Jika kita menggunakan Samsung, sangat sedikit perangkat seperti Galaxy S20 Ultra, Galaxy Note 10+ yang mendukung pengisian daya 45 W tertinggi. Perangkat hanya ditemani dengan adaptor 25 W di dalam kotak pembelian.

Bahkan Note 20 series tidak menyertakan dukungan untuk fast charging 45 W (perangkat hanya mendukung fast charging 25 W dan wireless charging 15 W).

Kabar mengenai pengisian daya baru yang mendukung fast charging 65 W tentunya bisa menjadi kemajuan positif pada perangkat flagship Samsung.

Berita Terkait