Gadget

Dampak Virus Corona, Analis Prediksi Penjualan Smartphone 2020 Anjlok!

Dampak virus corona juga menghantui penjualan smartphone 2020.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone Android. (Android)
Ilustrasi smartphone Android. (Android)

Hitekno.com - Lembaga riset pasar, International Data Corporation (IDC)  memprediksi adanya penurunan penjualan smartphone 2020. Hal ini karena dampak virus corona Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, penurunan pengapalan smartphone secara global ditaksir IDC anjlok hingga 10,6 persen, jika dibandingkan dengan penjualan di periode yang sama tahun lalu.

Alasannya pun mudah ditebak, yaitu karena adanya ancaman dari wabah Virus Corona yang sampai saat ini masih meluas, dan belum tampak memasuki puncak penyebarannya.

Sebagaimana dikutip laman GSM Arena, Minggu (1/3/2020), virus berbahaya dari Wuhan, China itu menjadi momok besar bagi produsen smartphone karena berimbas pada kekurangan rantai pasokan dan logistik.

Ditambah dengan keputusan beberapa manufaktur yang sempat mengalami penutupan. Sehingga berdampak pada produksi smartphone.

Ilustrasi smartphone Apple dan Samsung. (Apple, Samsung)
Ilustrasi smartphone Apple dan Samsung. (Apple, Samsung)

 

Meski di paruh pertama tahun ini diprediksi menurun, IDC memperkirakan lalu lintas peredaran smartphone akan kembali normal pada Q3 2020.

Selain IDC, TrendForce juga memperkirakan bahwa produksi smartphone dapat menyusut sebanyak 12 persen pada Q1 2020. Bahkan, mereka meramal pengiriman smartphone 2020 menjadi hanya sekitar 1,381 miliar unit saja.

Angka ini menunjukkan penurunan 1,3 persen dan menjadi angka terendah dalam industri smartphone sejak lima tahun terakhir.

TrendForce memperingatkan, ada kemungkinan jika angka-angka itu sebenarnya bisa lebih rendah dari yang diperkirakan, seandainya wabah Virus Corona belum berakhir.

Itulah prediksi IDC yang menyebutkan kalau penjualan smartphone 2020 akan mengalami penurunan secara tajam sebagai dampak virus corona. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait