Gadget

Penjualan Smartphone 2019 Diprediksi Bakal Menurun, Ini Penyebabnya

Disebutkan bahwa penjualan smartphone yang menurun ini akan diikuti trend menaik tahun depan. Apa alasannya?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone Samsung. (Samsung)
Ilustrasi smartphone Samsung. (Samsung)

Hitekno.com - Penjualan smartphone di 2018 dianggap cukup baik, namun tidak dengan 2019. Bahkan angka penjualan smartphone 2019 diprediksi terjadi penurunan.

Gartner Research baru saja merilis laporan terkait tren penjualan smartphone global.

Dan hasilnya adalah: penjualan smartphone di sepanjang 2019 diperkirakan mengalami penurunan sebanyak 2,5 persen jika dibandingkan 2018.

Dalam laporannya, perusahaan riset pasar itu memproyeksikan penjualan smartphone di tahun ini sebanyak sekitar 1,51 miliar unit, atau turun 40 juta unit dari tahun lalu yang mengkapalkan sampai 1,55 miliar smartphone.

Lebih jauh lagi, GSM Arena mencatat bahwa penurunan penjualan ini terjadi di berbagai belahan dunia, mulai Eropa Timur, Asia Pasifik, Amerika Utara, hingga Jepang.

Untuk penjualan smartphone di wilayah Eropa Timur misalnya, wilayah ini diprediksi turun, dari 47 juta unit menjadi 45 juta.

Sedangkan pengapalan smartphone di Negeri Sakura diperkirakan mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu dari 33,9 juta menjadi 31,7 juta.

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)

 

"Di pasar yang matang, terutama pasar smartphone high-end, mengalami kelebihan suplai dan komoditas, dengan harga jual rata-rata lebih tinggi. Selain itu, tidak ada utilitas atas pengalaman baru bagi pengguna agar melakukan upgrade," tulis Gartner dalam risetnya.

Meski begitu, Gartner juga memproyeksikan bahwa penjualan smartphone akan kembali tumbuh pada 2020 menjadi 1.560.853 unit.

Pertumbuhan ini terjadi karena didorong ketersediaan smartphone dan jaringan 5G yang sekarang terus dikembangkan.

Tabel penjualan ponsel di dunia per tahun oleh Gartner Research [GSM Arena].
Tabel penjualan ponsel di dunia per tahun oleh Gartner Research [GSM Arena].

 

Apakah benar penjualan smartphone 2019 akan menurun parah? Apakah orang akan lebih menunggu jaringan 5G tahun depan? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait