Gadget

Kalah Penjualan dari Samsung, Apple Tetap Paling Untung

Samsung boleh jadi nomor satu dalam jumlah penjualan, soal keuntungan Apple jagonya.

Agung Pratnyawan

Logo Apple. (unsplash/Xavier Wendling)
Logo Apple. (unsplash/Xavier Wendling)

Hitekno.com - Apple kembali dinobatkan sebagai merek dengan pendapatan tertinggi dari smartphone. Walau jumlah penjualan iPhone kalah dari Samsung.

Menurut laporan terbaru Counterpoint Research, Apple menguasai 66 persen pendapatan dari smartphone secara global pada kuartal ketiga 2019.

Pendapatan Apple dari penjualan smartphone jauh lebih tinggi dibanding merek lain. Bahkan jika digabungkan antara Samsung dan Huawei, belum menyamai Apple.

Seperti diberitakan, Samsung masih menguasai pasar smartphone global dalam penjualan atau shipping. Huawei juga mencatatkan penjualan yang cukup banyak.

Namun soal pendapatan atau keuntungan dari penjualan smartphone, Apple masih jauh memimpin tak terkejar merek lain.

Meski pendapatan Apple belum setinggi kuartal 4 2018, perusahaan asal Amerika Serikat ini mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Begitu juga dengan Samsung, perusahaan asal Korea Selatan ini mengalami peningkatan yang signifikan pada kuartal 3 2019.

Pendapatan dari penjualan smartphone kuartal ketiga 2019. (Counterpoint Research)
Pendapatan dari penjualan smartphone kuartal ketiga 2019. (Counterpoint Research)

 

Samsung mendapatkan 17 persen dari total keuntungan penjualan smartphone global ini. Disusul Huawei yang nampak mengalami penurunan.

Sedangkan Oppo dan Vivo bertengger di bawah Samsung dan Huawei. Lalu di posisi lima, ada Xiaomi yang nampak makin percaya diri.

Meski begitu, nampak Xiaomi masih kesulitan mengejar Vivo dan Oppo. Padahal dua brand asal China ini nampak menurun keuntungannya.

Itulah hasil laporan Counterpoint Research yang menobatkan Apple sebagai merek dengan pendapatan tertinggi dari penjualan smartphone kuartal ketiga 2019.

Berita Terkait