Gadget

Tak Mau Tergantung Android, Facebook Rancang OS sendiri

Perangkat keras masa depan Facebook tidak perlu bergantung pada perangkat lunak Google.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)

Hitekno.com - Ketergantungannya pada Google Android membuat media sosial Facebook kini tengah mengembangkan sistem operasi buatannya sendiri.

Pengembangan Sistem operasi ini dipimipin oleh Mark Lucovsky yang merupakan seroang veteran Microsoft yang ikut dalam menulis sistem operasi Windows NT.

Dilansir dari laman The Verge, sistem operasi buatan Facebook ini dapat digunakan, termasuk perangkat Oculus dan Portal Facebook yang saat ini berjalan pada sistem operasi Android yang dimodifikasi.

''Mungkin perangkat keras masa depan Facebook tidak perlu bergantung pada perangkat lunak Google, yang akan mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali yang Google miliki atas perangkat keras Facebook'' tutur salah satu kepala AR dan VR Facebook, Ficus Kirkpatrick.

Dalam laporan The Information, kepala perangkat kelas Facebook, Andrew Bosworth ingin memastikan generasi berikutnya akan memiliki ruang untuk Facebook.

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/William Iven)
Ilustrasi Facebook. (Unsplash/William Iven)

 

Tak hanya itu, pihak Facebook juga bisa mempercayai pasar atau pesaing untuk memastikan yang terjadi, sehingga Facebook akan melakukannya sendiri.

Seiring dengan Oculus dan perangkat Portal, Facebook juga bekerja pada kacamata augmented reality.

Dalam laporan tersebut Facebook tengah mengambil pendekatan yang mirip dengan Apple dengan perangkat kerasnya di masa depan.

Perlu diingat upaya Facebook sebelumnya memproduksi OS sendiri tak berjalan mulus, upaya ini menghasilkan Androis bercabang dua yang berjalan pada smartphone yang diproduksi HTC pada tahun 2013.

Berita Terkait