Gadget

Smartphone Ini Tidak Bisa Akses WhatsApp Tahun 2020, Ada Punya Kamu?

Tindakan WhatsApp ini bukan tanpa alasan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/antonbe)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/antonbe)

Hitekno.com - Memasuk tahun 2020, ada kabar buruk untuk kamu pengguna WhatsApp. Aplikasi chat paling populer ini terancam tidak bisa digunakan oleh beberapa pengguna smartphone. Cek artikel ini ya, ada smartphone kamu nggak?

Keputusan WhatsApp untuk membatasi pengguna mengakses aplikasi ini memang cukup mengejutkan. WhatsApp bahkan mengumumkan langsung di situs website resminya.

Tindakan WhatsApp ini bukan tanpa alasan. Sederhana, WhatsApp menjelaskan bahwa keputusan ini karena beberapa smartphone tersebut tidak lagi memiliki kemampuan untuk mendukung aplikasi pesan instan WhatsApp.

''Smartphone tersebut tidak menawarkan kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi WhatsApp di masa depan'' ungkap pihak WhatsApp dikutip dari Daily Mail.

Perombakan besar ini jelas saja membuat beberapa pengguna WhatsApp menjadi ketar-ketir khawatir jika perangkatnya nanti tidak lagi bisa mengakses aplikasi yang penggunanya mungkin sudah jutaan bahkan lebih.

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Christian Wiediger)

 

Nah, catat dan perhatikan baik-baik ya. Berikut ini beberapa smartphone yang terancam tidak bisa lagi mengakses WhatsApp di tahun 2020 mendatang. Siapa tahu ada perangkat yang kamu gunakan.

Beberapa smartphone tersebut antara lain semua pengguna Windows Phone, pengguna sistem operasi Android versi 2.3.7 atau Gingerbread dan pengguna sistem operasi iOS 7.

Untuk Windows Phone, pengguna sudah tidak lagi bisa mengakses WhatsApp mulai 31 Desember 2019 mendatang. Siap-siap ya pengguna WhatsApp di Windows Phone.

Selain itu sistem operasi Android versi 2.3.7 dan iPhone iOS 7, WhatsApp tidak lagi berfungsi sejak 1 Februari 2020.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

 

Deretan smartphone di atas akan menyusul Nokia S40, Nokia Symbian S60, BlackBerry OS dan BlackBerry 10 yang sudah tidak lagi dapat mengakses WhatsApp sejak tahun 2017 lalu.

Menangani tidak dapat lagi menggunakan WhatsApp, pihak aplikasi pesan instan ini menyarankan agar penggunanya untuk memperbarui sistem operasi atau jika punya tabungan berlebih, beli smartphone baru dengan update lebih terkini.

Melihat deretan smartphone yang tidak bisa mengakses WhatsApp di tahun 2020, kamu menemukan nama smartphone kamu nggak?

Berita Terkait