Gadget

6 Fitur Smartphone Kekinian yang Trio iPhone 11 Nggak Punya

Berikut tim HiTekno rangkum deretan fitur smartphone kekinian yang trio iPhone 11 nggak punya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

iPhone 11. (Apple)
iPhone 11. (Apple)

Hitekno.com - Apple baru saja memperkenalkan trio iPhone 11 dari keluarganya, Bawa banyak kecanggihan, rupanya iPhone 11 masih saja dianggap mengecewakan oleh beberapa orang.

Absennya beberapa fitur smartphone kekinian di iPhone 11 ini yang lalu membuat beberapa penggunanya kecewa.

Tiga smartphone Apple yang dirilis antara lain iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max.

Tidak tanggung-tanggung, Apple membekali tiga perangkat ini dengan chipset terbarunya lengkap dengan iOS anyar dari perusahaan ini yaitu iOS 13.

Walaupun dimanjakan dengan banyak fitur anyar serta beragam kecanggihan, rupanya trio iPhone 11 ini masih dianggap kurang karena tidak memiliki beberapa fitur smartphone kekinian.

Dilansir dari Business Insider, berikut tim HiTekno.com rangkum deretan fitur smartphone kekinian yang trio iPhone 11 nggak punya.

1. Port USB-C

iPhone 11. (Apple)
iPhone 11. (Apple)

Trio iPhone 11 dari Apple ini rilis tanpa dibekali dengan port USB-C. Saat ini, beragam smartphone kekinian pasti selalu dibekali dengan port USB-C.

Port UBS-C sendiri biasanya digunakan untuk pemanfaatan fitur Power Delivery saat mengisi daya. Entah apa alasan Apple, trio iPhone 11 justru tidak dibekali dengan USB-C.

2. Layar 90 Hz

iPhone 11 Pro. (Apple)
iPhone 11 Pro. (Apple)

Trio iPhone 11 rilis dengan menggunakan layar 60 Hz. Hal ini dirasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan beberapa smartphone kekinian lainnya dari brand OnePlus, Razer, Samsung atau bahkan Asus,

Beberapa smartphone kekinian tersebut sudah dilengkapi dengan layar 90 Hz yang bekerja lebih cepat dan halus. Alasan Apple tidak menggunakan layar 90 Hz ini kemungkinan karena kapasitas baterai yang kecil.

3. Notch yang lebih kecil

iPhone 11. (Apple)
iPhone 11. (Apple)

Mulai dianggap jadul, notch pada smartphone kekinian saat ini mulai kurang digunakan. Berbeda dari yang lain, trio iPhone 11 justru menggunakan poni lebar di bagian atas yang membuatnya nampak jadul.

Beberapa smartphone kekinian bahkan sudah mulai menciptakan teknologi kamera di dalam layar, keputusan Apple ini dirasa sangat ketinggalan.

4. Sensor sidik jari di dalam layar

iPhone 11, iPhone 11 Pro Max dan iPhone 11 Pro. (Apple)
iPhone 11, iPhone 11 Pro Max dan iPhone 11 Pro. (Apple)

Perlahan tapi pasti, banyak smartphone kekinian yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar. Sedangkan Apple masih mempertahankan sensor keamananan Face ID.

Banyak yang menduga alasan Apple masih belum menggunakan sensor ini karena keperluan Apple Pay yang membutuhkan keamanan tinggi. Sensor sidik jari di dalam layar hingga kini masih dianggap kurang akurat.

5. Reverse Wireless Charging

iPhone 11 Pro Max. (Apple.com)
iPhone 11 Pro Max. (Apple.com)

Sebagai saingan Apple, sepertinya Huawei selangkah lebih maju karena sudah merilis perangkat dengan fitur reverse wireless charging.

Reverese wireless charging sendiri memungkinkan smartphone untuk dapat digunakan mengisi daya perangkat lainnya.

Dianggap lebih praktis, Apple masih belum sependapat dan masih mengandalkan sistem pengisian daya wireless charging tanpa fitur reverse.

6. Tidak ada dukungan jaringan 5G

iPhone 11. (Apple)
iPhone 11. (Apple)

Melangkah ke 5G, trio iPhone 11 ini masih belum dilengkapi dengan jaringan 5G.

Entah apa rencana Apple dengan tiga smartphone anyarnya ini sehingga belum menyematkan dukungan jaringan 5G.

Jadi mari nantikan bersama hingga Apple merilis dukungan jaringan 5G ya.

Setidaknya, itu tadi 6 fitur smartphone kekinian yang tidak dimiliki oleh trio iPhone 11. Walaupun begitu, pengguna setia iPhone tetap tertarik mencoba trio iPhone 11 ini?

Berita Terkait