Gadget

Resmi Rilis Secara Global, 5 Kekurangan iOS 13 Ini Bikin Kecewa

Berikut 5 kekurangan iOS 13 yang sudah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

iOS 13. (Apple)
iOS 13. (Apple)

Hitekno.com - Pada Jumat (20/9/2019), Apple secara resmi telah merilis iOS 13 dengan berbagai kecanggihan. Sayangnya, 5 kekurangan iOS 13 ini bikin kecewa pengguna.

iOS 13 yang baru saja rilis ini tidak dapat digunakan oleh seluruh pengguna iPhone. Pasalnya, sistem operasi ini dirilis hanya untuk pengguna iPhone 6S ke atas.

Beberapa fitur canggih yang dibawa iOS 13 antara lain seperti dark mode, swipe to type, fitur privasi, apple maps, apple arcade, hingga pengembangan pada fitur Siri. Sayangnya, usai dijajal, banyak pengguna yang justru kecewa dengan iOS 13.

Dilansir dari Bussiness Insider, berikut 5 kekurangan iOS 13 yang sudah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Apple Mail belum bisa menyaingi Gmail

Apple Mail. (Apple)
Apple Mail. (Apple)

 

Sistem operasi iOS 13 ini memberikan sedikit perubahan pada fitur Apple Mail. Sayangnya, hal tersebut masih dirasa kurang. Banyak pengguna yang menyebutkan bahwa Apple Mail memiliki fitur yang masih kalah jika dibandingkan dengan aplikasi email lainnya.

Salah satu fitur yang jadi kekurangan iOS 13 di aplikasi Apple Mail ada pada kemampuan untuk mengkategorikan tiap mail ke dalam spesifikasinya.

Aplikasi email seperti Gmail saat ini sudah lebih cerdas karena mampu mengkategorikan tiap pesan sesuai kegunaan, seperti social hingga promotions.

2. Fitur 'tandai belum dibaca' di Pesan

Messages. (Apple)
Messages. (Apple)

 

Sama seperti Apple Mail, ada kalanya pengguna ingin menandai sebuah pesan dengan fitur 'tandai belum dibaca' agar bisa dibalas nantinya. Apple masih belum menyematkan fitur satu ini di iOS 13 yang baru saja rilis.

3. Apple Maps masih belum bisa saingi Google Street View

Apple Maps. (Apple)
Apple Maps. (Apple)

 

Pada iOS 13, Apple menawarkan fitur 'Look Around' yang sudah dapat dicoba di Apple Maps. Fitur ini sebelumnya sudah rilis di Google Street View. Apple bahkan mengklaim bahwa fitur ini bekerja lebih smooth di iOS 13.

Lagi-lagi mengecewakan, fitur ini baru bisa dicoba di tiga kota yaitu San Fransisco, Las Vegas, dan Honolulu.

4. Dark Mode

Fitur Dark Mode. (Apple)
Fitur Dark Mode. (Apple)

 

Dark mode menjadi salah fitur unggulan iOS 13. Namun, banyak pengguna yang justru mengeluh karena fitur ini aktif di seluruh tampilan smartphone.

Padahal, ada beberapa pengguna yang berharap jika dark mode tidak berlaku di beberapa aplikasi, seperti Maps misalnya.

5. Tidak ada perubahan sama sekali di beberapa aplikasi kalender

Apple Calender. (Apple)
Apple Calender. (Apple)

 

Menjanjikan banyak perubahan, faktanya aplikasi kalender di iOS 13 masih terasa sama dengan iOS 12 yang sebelumnya rilis.

Dirasa sangat monoton, hal ini semakin menjadi kabar buruk usai Apple mengklaim untuk tidak mengganti tampilan aplikasi kalender hingga iOS 14 mendatang.

Itu tadi 5 kekurangan iOS 13 yang sudah tim HiTekno.com rangkum untuk kamu. Kira-kira ada yang mau kamu tambahkan?

Berita Terkait