Gadget

Apple Resmi Rilis iOS 13, Ini Fitur Baru yang Dihadirkan

Sudah update ke iOS 13?

Agung Pratnyawan

iPhone X dengan iOS 13. (Apple)
iPhone X dengan iOS 13. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah resmi meluncurkan update terbaru dari sistem operasi iOS. Update iOS 13 ini telah resmi meluncur pada 19 September 2019 waktu Amerika Serikat (AS).

Para pengguna iPhone kini telah bisa mengupdate sistem operasi mereka ke iOS 13. Namun tidak semua, hanya beberapa iPhone saja yang mendapatkannya.

Pengguna iPhone 6s ke atas yang bisa merasakan update iOS 13 ini. Kamu bisa mengaksesnya melalui Settings, lalu pilih General, dan Software updates.

Jika iPhone mendapatkan update iOS 13 ini, segera update ke versi terbaru. Agar kamu bisa merasakan seperti apa sistem operasi baru Apple ini.

Beberapa fitu memang sudah dinantikan kehadirannya oleh pengguna iPhone. Ada pula beberapa perbaikan yang seharusnya sudah diberikan Apple.

Lalu fitur baru apa yang ditawarkan update sistem operasi Apple ini? Pastinya banyak fitur baru dan sejumlah perbaikan yang dihadirkan Apple.

Dark Mode

Sistem operasi iOS 13. (Apple)
Sistem operasi iOS 13. (Apple)

 

Dark Mode memang sudah lama dikenalkan oleh Apple untuk MacOS lalu menyusul iOS. Mode gelap ini dipercaya membuat mata tidak mudah capek sekaligus menghemat daya.

Swipe to type

Swipe to type di iOS 13. (Apple)
Swipe to type di iOS 13. (Apple)

 

Untuk mengetik, tidak perlu memencet masing-masing huruf. Dengan fitur baru ini, pengguna iPhone cukup menggeser ke huruf-huruf dan angka di keyboard untuk merangkai kata.

Buat pengguna Android mungkin tak asing dengan fitur satu ini. Namun kini sudah bisa dinikmati pengguna iPhone yang mendapatkan update iOS 13.

Fitur Privasi

Sign in With Apple, jamin keaman data pribadi pengguna. (Apple)
Sign in With Apple, jamin keaman data pribadi pengguna. (Apple)

 

Apple memberikan fitur privasi baru bernama Sign in With Apple yang memungkinkan pengguna mengakses aplikasi pihak ketiga dengan Apple ID.

Dengan fitur ini, Apple mengklaim data pribadi kamu aman di tangan mereka. Apple akan membatasi data pribadi kamu yang akan di share ke pihak ketiga.

Apple Maps

Apple Maps di iOS 13. (macrumors)
Apple Maps di iOS 13. (macrumors)

 

Apple Maps dipastikan mendapatkan beberapa pembaruan. Salah satunya adalah fitur peta digital dalam versi 3D. Pengguna juga bisa menandai lokasi favorit dan koleksi yang pernah dikunjungi.

Siri

Apple SIRI [sophosnews].
Apple SIRI [sophosnews].

 

Asisten virtual Apple ini juga mendapatkan update berupa membacakan pesan masuk untuk pengguna. Juga bisa mendengarkan perintah lewat AirPods.

Apple Arcade

Apple Arcade. (Apple)
Apple Arcade. (Apple)

 

Layanan baru Apple untuk memudahkan para pengguna iPhone dalam bermain game. Apple memungut biaya langganan 4,99 dolar AS untuk bisa memainkan lebih dari 100 game.

Itulah beberapa fitur menarik dan perbaikan yang diberikan Apple lewat iOS 13 ini. Apakah kamu sudah merasakan update iOS 13 di iPhone kamu?

Berita Terkait