Gadget

Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Indonesia, Realme Gusur Asus

Xiaomi tumbuh pesat, tapi Realme beri kejutan.

Agung Pratnyawan

Samsung masih merajai pasar smartphone Indonesia. (HiTekno.com)
Samsung masih merajai pasar smartphone Indonesia. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Lembaga riset pasar, Counterpoint telah mengeluarkan laporan terbarunya untuk pasar smartphone Indonesia. Yang menempatkan Samsung di peringkat teratas.

Laporan Counterpoint ini mengungkap merek smartphone mana saja yang menguasai pasar smartphone Indonesia selama kuartal kedua 2019 ini.

Pabrikan asal Korea Selatan ini masih merajai pasar smartphone Indonesia. Samsung disebutkan menguasai 27 persen pemasaran smartphone di Tanah Air.

Sayangnya pencapaian Samsung di kaurtal kedua 2019 sedikit mengalami penurunan. Karena di kuartal pertama, Samsung berhasil merebut 28 persen market share.

Menurut Tarun Pathak dari Counterpoint, kesuksesan Samsung tidak lain karena refresh seri Galaxy A. Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A10 jadi senjata utama mereka.

Kejutan datang dari pendatang baru, Realme. Di mana sub-brand Oppo ini berhasil menggusur Asus yang di kuartal pertama 2019 menduduki peringkat lima.

Realme berhasil masuk top 5 besar dengan menggaet 8 persen market share di Indonesia. Padahal merek ini belum lama masuk ke Tanah Air.

Pasar smartphone Indonesia kuartal kedua 2019. (Counterpoint)
Pasar smartphone Indonesia kuartal kedua 2019. (Counterpoint)

 

Seperti diprediksi sebelumnya, Xiaomi mengukuhkan posisi kedua dengan merebut 21 persen. Pencapaian Xiaomi ini meningkat di banding kuartal pertama 2019 yang 19 persen.

Di peringkat ketiga ada Oppo yang menguasai 17 persen pasar smartphone Indonesia. Disusul oleh Vivo yang merebut 9 persen market share.

Sangat disayangkan tidak ada merek smartphone lokal yang masuk top 5 besar. Di laporan tahun lalu, masih ada Advan sebagai satu-satunya merek lokal.

Namun di kuartal pertama 2019, posisi Advan direbut Asus. Lalu di kuartal kedua 2019 ini, laporan Counterpoint menempatkan Realme sebagai pendatang baru.

Itulah laporan Counterpoint mengenai pasar smartphone Indonesia yang masih dipuncaki Samsung. Dan pendatang baru Realme yang cukup melejit.

Berita Terkait