Parah, Harga Huawei P30 Pro Bekas Anjlok

Banyak yang ingin menjual smartphone Huawei, tapi sedikit yang mau beli.

Agung Pratnyawan
Rabu, 29 Mei 2019 | 14:09 WIB
Kecanggihan kamera Huawei P30 Pro. (Huawei)

Kecanggihan kamera Huawei P30 Pro. (Huawei)

Hitekno.com - Tekanan pemerintah Amerika Serikat kepada Huawei nampaknya mulai terlihat dampaknya. Di mana harga Huawei P30 Pro bekas anjlok parah.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat memasukkan Huawei ke daftar hitam alias banned. Perusahaan asal negara tersebut dilarang berhubungan dengan Huawei.

Hasilnya Google, Microsoft, Intel, Qualcomm, Broadcom, dan sederet perusahaan teknologi memutuskan kerja sama dengan perusahaan asal China tersebut.

Baca Juga: Dikeluarkan dari SD Association dan Wi-Fi Alliance, Huawei Makin Terdesak

Diperparah ARM, SD Association, dan Wi-Fi Alliance juga ikut menghentikan hubungan dengan Huawei. Hal ini membuat masa depan smartphone Huawei bakal suram.

Melihat situasi yang kurang menguntungkan ini, diduga banyak pengguna memutuskan untuk menjual smartphone Huawei miliknya.

Diwartakan Forbes, kabar ini diikuti dengan anjloknya harga Huawei P30 Pro bekas. Bahkan penurunan harganya bisa sampai 90 persen.

Baca Juga: Huawei Bisa Garap Smartphone Android tanpa Google, Tapi Ada Masalah Ini

Fakta ini ditemukan di pasar smartphone bekas Inggris. Tepatnya di situs trading smartphone Musicmagpie.co.uk yang jadi tempat orang Inggris menjual smartphone bekas mereka.

Di situs tersebut, harga Samsung Galaxy S10 Plus bekas dihargai 510 pounstreling atau sekitar Rp 9,3 juta. Harga baru smartphone Samsung ini ada di kisaran Rp 13 jutaan.

Tapi berbeda dengan harga Huawei P30 Pro bekas yang hanya sebesar 100 pounstreling atau sekitar Rp 1,8 juta saja. Padahal harga barunya sekitar Rp 13 jutaan.

Baca Juga: Diam-diam, Microsoft Hapus Laptop Huawei dari Web

Anjloknya harga Huawei P30 Pro bekas juga ditemukan di sejumlah situs trading ternama. Seperti GiffGaff yang membeli Huawei P30 Pro seharga 100 pounsterling saja.

Lalu FoneWizard yang menghargai smartphone bekas tersebut 150 pounsterling atau sekitar Rp 2,7 jutaan. Bahkan Mazuma tidak melakukan penawaran pada Huawei P30 Pro.

Sedangkan diwartakan Express, harga Huawei P20 Pro di Inggris sempat di kisaran 280 punsterling atau sekitar Rp 5 jutaan kini anjlok jadi 50 pounsterling atau Rp 900 ribu.

Baca Juga: ARM Putuskan Hubungan dengan Huawei, Nasib Chipset Kirin Suram

Karena hanjurnya harga ini kebanyakan toko memutuskan untuk berhenti membeli smartphone Huawei bekas. Ditambah banyaknya orang yang ingin menjual smartphone Huawei mereka dibanding membelinya.

Harga Huawei P30 Pro di Indonesia. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Harga Huawei P30 Pro di Indonesia. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Menurut laporan dari Bloomberg, juru bicara WeBuyTek mengungkapkan terjadi peningkatan pengguna yang menjual smartphone Huawei miliknya ke situs tersebut.

Bahkan peningkatannya hingga 540 persen per-minggu. Karena itulah, WeBuyTek memutuskan untuk sementara tidak membeli smartphone Huawei bekas.

Menurut laporan dari PriceSpy, terjadi penurunan klik untuk perangkat Huawei hingga 46 persen. Sedangkan klik ke merek lain seperti Samsung meningkat.

Data ini menunjukkan ketertarikan orang pada smartphone Huawei menurun. Dan kebanyakan berpaling ke merek-merek lain, salah satunya Samsung.

Sebelumnya, pihak Huawei sudah mengungkapkan pernyataan resmi mereka terkait tekanan dari pemerintah Amerika Serikat tersebut.

Pihak Huawei berjanji meneruskan dukungan mereka kepada smartphone yang diluncurkan ke pasar dan yang saat ini sedang dipasarkan.

Namun apa daya, kebanyakan pengguna Huawei di Inggris lebih memilih menjual smartphone mereka. Hal ini berujung pada harga Huawei P30 Pro bekas dan perangkat lainnya anjlok.

Berita Terkait
TERKINI

Western Digita menghadirkan solusi penyimpanan untuk industri media dan hiburan dengan kecepatan tinggi dan kapasitas be...

gadget | 10:59 WIB

Samsung Galaxy A15 dibekali fitur Smart Switch, memudahkan pindah data....

gadget | 11:06 WIB

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB
Tampilkan lebih banyak