Gadget

Xiaomi dan Oppo Kurangi Penggunaan NFC di Smartphone, Ini Alasannya

Tak hanya Xiaomi dan Oppo yang kurangi penggunaan NFC.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi NFC. (Pixabay/kalhh)
Ilustrasi NFC. (Pixabay/kalhh)

Hitekno.com - Near Field Communication (NFC) jadi fitur yang berguna bagi smartphone tukar data dengan mudah. Namun Xiaomi dan Oppo Mengurangi penggunaan NFC di produknya.

Tak hanya Xiaomi dan Oppo, namun menurut Gizmochina, LG dan Alcatel juga mengurangi penggunaan NFC pada smartphone mereka.

Berdasarkan laporan dari ScientiaMobile, produsen smartphone seperti Xiaomi, LG, Alcatel, dan Oppo sering tidak memasangkan NPC pada produknya.

Penurunan pengguanaan chip NFC, banyak ditemukan pada smartphone yang didesain untuk pasar Asia. Pasar utama para produsen smartphone tadi.

LG mengurangi penggunaan chip NFC dari 69 persen di 2015 menjadi 55 persen 2018. Begitu juga dengan Xiaomi mengurangi dari 11,9 persen jadi hanya 8,8 persen.

Lebih banyak lagi pengurangan pemakaian chip NFC oleh Oppo, jadi 3 persen dari 28 persen. Kebanyakan pengurangan pemakaian chip NFC ini untuk di Asia.

Logo NFC. (NFC Today)
Logo NFC. (NFC Today)

 

Disebutkan, kebanyakan smartphone tanpa chip NFC dikirimkan untuk pasar Asia. Pasar ini dianggap belum cukup kuat untuk smartphone high-end.

Jadi smartphone entry-level dan mid-range menguasai pasar Asia. Dan pengurangan chip NFC dapat memangkas harga yang cukup signifikan.

Bahkan di negarra seperti China dan India, QR Code lebih banyak digunakan dibandingkan pemakaian chip NFC. Pembayaran seperti WeChat Pay, PayTM, UPI, dan Alipay memakai QR Code untuk negara ini.

Berdeda dengan Huawei, Motorola, HTC, Sony, dan Apple, lebih memilih memakai chip NFC untuk smartphone mereka di segala regional.

Pemakaian NFC memang lebih banyak di Dunia Barat dibandingkan negara-negara Asia. Terutama di negara berkembang, pemakaian NFC dirasa masih kurang.

Jadi tak heran jika kita jarang menemukan NFC di smartphone seperti Xiaomi dan Oppo. Karena pasar di Asia dirasa masih kurang dalam penggunaan NFC.

Berita Terkait