Gadget

Thread Bermanfaat Ini Bantu Kamu Atasi Memori Cepat Penuh

Terhindar dari mimpi buruk notifikasi ''Memori Penuh'' di smartphone.

Galih Priatmojo | Amelia Prisilia

Ilustrasi memori smartphone. (cfatech)
Ilustrasi memori smartphone. (cfatech)

Hitekno.com - Sebuah thread dari akun @maskeuran menjadi viral di Twitter. Pasalnya, dalam thread tersebut ia memberikan beberapa cara untuk mengatasi memori cepat penuh di smartphone.

Sebagai pengguna smartphone Samsung, ia meyakini bahwa cara ini juga dapat digunakan oleh sesama pengguna Android, salah satunya adalah Xiaomi.

Bermula dari masalah yang sering ia hadapi, yaitu memori cepat penuh, pemilik akun dengan nama pengguna Dins ini lalu mencoba mencari cara penanganannya di Google.

Salah satu cara yang ia ikuti adalah menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai. Sedikit meringankan, aplikasi yang dihapus membuat ia mendapat beberapa megabyte (MB) yang kosong. Tentu cara ini tidak terlalu berhasil mengosongkan kapasitas memorinya.

Setelah mencoba untuk mencari tahu, ia menemukan solusi dari masalahnya ini. Ternyata kapasitas smartphone 14GB miliknya, terpakai sebanyak 4GB oleh beberapa file yang tersimpan dan tidak terpakai.

Dins lalu membagikan beberapa cara untuk mengatasi memori cepat penuh tersebut yaitu dengan menghapus file yang tersimpan dan tidak terpakai tersebut.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke folder ''My Files'', lalu ke ''Internal Storage'', dan buka titik tiga yang terdapat di pojok kanan. Kemudian masuk ke ''Settings''.

Jika sudah berhasil masuk ke ''Settings'', pilih pilihan ''Show hidden files'' untuk memunculkan semua file yang tersembunyi.

Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)
Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)

 

Hal pertama yang perlu kamu hapus sesaat setelah folder tersembunyi muncul adalah menghapus folder ''Thumbnail''. Menurut Dins, folder ini menyimpan ratusan bahkan ribuan file.

Cara lainnya adalah dengan menghapus ''Cache'' dari smartphone. File ''Cache'' ini adalah sampah dari berbagai aplikasi yang sering kamu gunakan.

Untuk menghapusnya, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang bisa membersihkan cache secara bertahap.

Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)
Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)

 

Jika sudah melakukan cara pertama dan kedua tapi belum berhasil, kamu bisa gunakan cara ketiga ini. Yaitu menghapus file yang terdapat di folder ''Sent'' di WhatsApp.

Bagi pengguna Xiaomi, cara ampuh mengatasi memori yang full adalah dengan menggunakan aplikasi clean master yang terdapat di smartphone.

Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)
Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)

 

Aplikasi ini memiliki pilihan ''Deep Clean'' yang bisa digunakan untuk membersihkan cache. Setelah melakukan deep clean, kamu juga bisa menggunakan fitur ''Big Files'' untuk menghapus beberapa aplikasi dengan kapasitas besar di smartphone.

Sedangkan untuk pengguna Vivo dan Oppo, bisa menggunakan fitur ''Clean Cache'' yang juga sudah disediakan oleh produsen smartphone tersebut.

Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)
Atasi memori penuh. (twitter/maskeuran)

 

Setelah dibuat dan diunggah pada Senin (10/09/2018), thread bermanfaat untuk mengatasi memori cepat penuh ini sudah mendapat 2.983 retweets dan 182 balasan dari sesama pengguna Twitter. Bermanfaat sekali kan?

Berita Terkait