Ilmuwan Temukan Metode Baru, Bisa Deteksi Penyakit Ginjal Kronis Sejak Dini

Begini cara baru ilmuwan untuk mendeteksi penyakit ginjal sejak dini.

Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:43 WIB
Ilustrasi dokter. (Pixabay/ Darko Stojanovic)

Hitekno.com - Para ilmuwan dari Universitas Kedokteran Negeri Tyumen dari Kementerian Kesehatan Rusia (TyumSMU) percaya bahwa deteksi dini penyakit ginjal kronis dimungkinkan menggunakan tomografi emisi positron gabungan dan computed tomography (PET / CT).

Dilansir dari Sputnik Newspenyakit ginjal kronis (PGK) dapat berkembang sebagai akibat dari beberapa penyakit seperti pielonefritis, urolitiasis, penyakit polikistik, dan lainnya, para ilmuwan universitas menjelaskan.

Baca Juga: - Basmi Bug di Mail, Apple Akhirnya Rilis iOS 16.0.3 - MediaTek Dimensity 1080 Resmi Dikenalkan, Chipset HP 5G dengan Dukungan Kamera 200 MP - Ilmuwan Temukan DNA Organisme Laut Tertua di Dunia, Penelitian di Kutub Selatan Jadi Kunci

Diagnosis ini menyebabkan gagal ginjal dan komplikasi kardiovaskular.

PGK adalah salah satu penyakit "senyap" lantaran sulit dideteksi sebelum tahap akhir.

Ketika sel-sel mati ditemukan dalam tes pasien, proses penghancuran jaringan tidak dapat diubah, dan obat-obatan hanya dapat memperlambatnya. Penyakit ini didiagnosis pada 10-15% dari populasi orang dewasa Rusia.

Para peneliti di TyumSMU telah menemukan bahwa PET/CT dapat mendeteksi ini dan penyakit ginjal berbahaya lainnya pada tahap awal.

Pada saat tidak ada keluhan atau perubahan dalam tes urin, tetapi penyakit ini sudah terbentuk pada tingkat molekuler dan sel, yang tidak dapat diakses oleh salah satu metode diagnostik yang ada.

Ilustrasi dokter. (Pixabay)

"PET/CT adalah pencitraan berteknologi tinggi dari metabolisme karbohidrat dan lipid di berbagai organ, menghasilkan pandangan real-time tentang kelangsungan hidup molekuler dan seluler jaringan. Sebelumnya, metode ini hanya digunakan dalam diagnostik onkologi. Kami menemukan bahwa itu dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit ginjal pada tahap awal," kata kata Profesor Boris Berdichevsky di Departemen Bedah dan Urologi TyumSMU dengan Kursus Endoskopi.

"Pasien disuntik dengan molekul glukosa berlabel, mengamati fiksasi mereka oleh struktur seluler ginjal, kita dapat melihat dan menghitung kelangsungan hidup organ, serta melacak daerah penurunan aktivitas metabolisme."

Perlu diketahui bahwa tumor menyukai glukosa dan menyala terang di layar ahli radiologi, spesialis menjelaskan.

Sementara itu, organ normal juga tidak dapat memastikan vitalitas normal tubuh manusia tanpa glukosa.

Sebelumnya, dokter tidak memperhatikan perbedaan antara penangkapannya oleh sel-sel sehat dan yang sudah rentan terhadap penyakit.

Yang terakhir berada pada tahap "jaringan stunning," dan jika masalahnya tidak diidentifikasi pada tahap ini, organ perlahan-lahan mati.

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.