Sains

Ketahui Ini Fungsi Mahkota Bunga dan Bagian Lainnya

Masing-masing bagian punya fungsinya sendiri-sendiri termasuk mahkota bunga dan benang sari.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi bunga. (Pixabay)
Ilustrasi bunga. (Pixabay)

Hitekno.com - Ada banyak bagian dalam sebuah bunga yang memiliki fungsi masing-masing. Lalu kira-kira apa fungsi mahkota bungabenang sari dan bagian lainnya?

Bunga merupakan salah satu bagian yang terdapat pada tanaman yang memiliki fungsi sebagai organ biologis. 

Apakah fungsi mahkota bunga juga berkaitan sebagai alat perkembangbiakan tanaman? Simak penjelasannya beirkut ini.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang fungsi mahkota bunga dan beberapa bagian lainnya yang perlu anda ketahui!

Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya

Ilustrasi bunga. (Pixabay)
Ilustrasi bunga. (Pixabay)

Menyadur dalam berbagai sumber, berikut adalah beberapa bagian-bagian yang ada pada bunga dan masing-masing fungsinya yang perlu anda ketahui:

1. Kelopak Bunga

Bagian pertama adalah kelopak bunga, bagian ini merupakan terluar yang ada pada bunga. Kelopak bunga tersusun atas beberapa bagian, diantaranya adalah stomata, kitin dan trikoma.

Fungsi kelopak bunga adalah untuk melindungi kuncup dan bagian-bagian bungan lainnya.

2. Mahkota Bunga

Setelah kelopak, bagian selanjutnya yang ada pada bunga adalah mahkota bunga. Fungsi mahkota bunga adalah sebagai pemberi warna dan keindahan pada bunga. Faktanya warna-warni yang ada pada bunga ditujukkan untuk menarik perhatian serangga agar nantinya dapat membantu proses penyerbukan.

Selain itu fungsi mahkota bunga yang lain adalah sebagai pelindung organ reproduksi tanaman ketika sedang bekerja.

3. Benang Sari

Sama halnya dengan manusia, seperti yang kita ketahui bahwa untuk dapat melakukan proses reproduksi tanaman membutuhkan alat kelamin jantan dan betina sebagai mediasinya.

Benang sari berperan sebagai alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Selain itu benang sari memiliki beberapa lapisan dinding seperti epidermis, endotesium, lapisan tengah, dan tapetum. Di dalam kepala sari terdapat kantong yang berisi serbuk sari yang berfungsi sebagai sel gamet jantan.

4. Putik

Jika benang sari berperan sebagai alat reproduksi tanaman jantan, putik memiliki peran sebaliknya. Bagian bunga ini befungsi sebagai alat reproduksi betina. Putik tersusun dari beberapa bagian, diantaranya adalah kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.

Perlu anda ketahui bahwa bagian kepala putik pada masa kematangannya akan mengeluarkan lendir yang mengandung protein, gula dan zat organik. Selain itu terdapat pula ada juga bagian bakal buah yang memiliki bakal biji yang akan tumbuh menjadi buah ketika bunga telah mengalami persarian dan pembuahan.

Itulah fungsi mahkota bunga dan bagian lainnya yang harus kamu ketahui. (Suara.com/ Dhea Alif Fatikha).

Berita Terkait