Sains

Kilatan Cahaya Hijau Kembali Terlihat di Langit Malam Jogja

Kilatan cahaya ini terekam pada Senin (12/7/2021) sekitar pukul 20.36 WIB.

Agung Pratnyawan

Kilatan cahaya terang di langit malam Jogja - (Twitter/@merapi_uncover)
Kilatan cahaya terang di langit malam Jogja - (Twitter/@merapi_uncover)

Hitekno.com - Kilatan cahaya terang kembali terlihat di langit malam Jogja. Penampakannya sempat terekam dan membuat ramai netizen di media sosial.

Diwartakan SuaraJogja.id, penampakan kilatan cahaya hijau tersebut diambil Aryo Kamandanu pada Senin (12/7/2021).

Potretnya hingga viral di media sosial setelah diunggah ulang akun Twitter @merapi_uncover pada Senin malam hingga ramai respons netizen.

Berbeda dengan penampakan yang viral sebelumnya, kilatan cahaya ini tidak berada di atas puncak Gunung Merapi. Namun sama-sama meninggalkan garis lurus di langit.

Dalam potret yang viral di media sosial ini, nampak garis kilatan cahaya hijau di langit malam Jogja.

Menurut keterangan yang disertakan, foto yang menghebohkan itu diambil tepatnya pada pukul 21.36 WIB.

Dalam foto terlihat segaris kilatan cahaya putih kehijauan dengan posisi diagonal seperti melesat turun ke Bumi.

"Kami menduga cahaya tersebut adalah fireball yang melintas. Beruntung cahaya terang tersebut sempat terdokumentasi oleh aryo.akise," cuit @merapi_uncover.

Kilatan cahaya terang di langit malam Jogja - (Twitter/@merapi_uncover)
Kilatan cahaya terang di langit malam Jogja - (Twitter/@merapi_uncover)

Hingga Selasa (13/7/2021) siang twit tersebut telah disukai lebih dari seribu pengguna Twitter dan mendapat beragam komentar hingga viral di media sosial.

"Pas jalan pulang td liat, tp dah rendah, tp jelas aku liat. Posisi di sebelah timur glagah kulon progo," tulis @_wa***.

"Mau sempet wiruh, tak kiro lintang, neng kok gede bentuke koyo meteor [tadi sempat lihat, aku kira bintang, tapi kok besar bentuknya kayak meteor]," ungkap @Bag***.

"Dragon ball numpang lewat," gurau @non***.

Sebelumnya, pada akhir Mei 2021, viral foto penampakan puncak Gunung Merapi dengan kilatan cahaya di atasnya.

Fotografer Gunarto Song kemudian memberikan klarifikasi soal foto cahaya misterius di puncak Gunung Merapi. Pasalnya, ternyata banyak yang meragukan keaslian foto tersebut dan menganggap Gunarto Song sudah mengedit terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke Instagram.

Lewat videonya di Instagram, Gunarto membuktikan bahwa foto yang tersebar di media sosial itu tak diedit sama sekali, melainkan hasil potret mentahan alais raw.

Kilatan cahaya di puncak Gunung Merapi - (Twitter/@merapi_uncover)
Kilatan cahaya di puncak Gunung Merapi - (Twitter/@merapi_uncover)

BPPTKG pun sempat mengunggah video berdurasi 12 detik yang memperlihatkan munculnya kilatan cahaya di sisi timur Gunung Merapi pada Kamis (27/5/2021) pukul 23.08 WIB.

Kendati mengakui adanya kilatan cahaya terekam kamera, tetapi BPPTKG tak bisa memastikan apa benda itu karena bukan kewenangannya.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan bahwa cahaya hijau yang muncul di dekat Gunung Merapi kemungkinan berkaitan dengan aktivitas hujan meteor.

"Diduga kilatan cahaya yang kehijauan yang muncul di dekat Gunung Merapi mungkin terkait dengan aktivitas hujan meteor," kata peneliti LAPAN Andi Pangerang, menurut situs Edukasi Sains Antariksa LAPAN, yang dipantau dari Jakarta, Minggu (30/5/2021).

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan dari LAPAN dan BMKG soal kilatan cahaya hijau yang melintas di langit malam Jogja ini. (Suara.com/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).

Berita Terkait