Sains

Ditemukan Salah Satu Berlian Terbesar di Dunia, Bernilai Rp 264 Miliar

Meski industri berlian juga terkena dampak dari pandemi, tapi permintaan batu mulia tetap tinggi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi berlian. (Pixabay)
Ilustrasi berlian. (Pixabay)

Hitekno.com - Perusahaan tambang Gem Diamonds menemukan batu mulia seukuran bola golf. Diyakini sebagai salah satu berlian terbesar di dunia yang pernah ditambang tahun ini.

Berlian yang ditemukan di tambang Letseng milik perusahaan di Lesotho, sebuah negara kecil di Afrika Selatan ini tentunya berharga fantastis.

Bos Gem Diamonds Clifford Elphick menggambarkan, batu 442 karat itu sebagai salah satu berlian terbesar di dunia yang ditemukan tahun ini.

"Penemuan berlian yang luar biasa ini merupakan konfirmasi lebih lanjut dari kaliber tambang Letseng," kata Elphick, seperti dikutip The Sun, Selasa (25/8/2020).

Berlian tersebut adalah terbesar yang ditemukan perusahaan sejak penemuan batu "Lesotho Legend" 910 karat, dijual seharga 40 juta dolar AS pada 2018. 

Berlian 442 karat. [Gem Diamonds]
Berlian 442 karat. [Gem Diamonds]

 

Batu berlian yang baru ditemukan ini akan dikirim ke Antwerp, Belgia, dan diharapkan akan dijual bulan depan.

Menurut Edward Sterck, seorang analis di perusahaan perbankan investasi BMO Capital Markets, mengatakan batu itu bisa bernilai hingga 18 juta dolar AS atau senilai Rp 264,3 miliar.

Gem Diamonds mengatakan, sebagian dari dana yang dihasilkan dari penjualan akan digunakan untuk proyek komunitas lokal.

Perusahaan yang berbasis di Inggris ini sendiri bermitra dengan pemerintah Lesotho, negara terkurung daratan di Afrika Selatan. Dengan populasi hanya 2 juta orang, negara ini dikenal dengan tambang terbuka yang memiliki berlian besar.

Berlian 442 karat. [Gem Diamonds]
Berlian 442 karat. [Gem Diamonds]

 

Berlian terbesar yang ditemukan tahun ini adalah batu 549 karat, ditambang perusahaan Kanada Lucara Diamond dari penambagan Karowe di Botswana. 

Meski industri berlian juga terkena dampak dari pandemi Covid-19, tapi permintaan batu mulia tetap tinggi.

Itulah penemuan salah satu berlian terbesar di dunia yang pernah ditambang. Diperkirakan nilainya bisa sampai Rp 264,3 miliar. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait