Sains

Mega Tsunami karena Meteor Pernah Menghantam Mars, Kawah Ini Buktinya

Menurut teori ilmuwan, Mega tsunami pernah terjadi di Mars setinggi gedung pencakar langit

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi mega tsunami. (Pixabay/ Elias Sch)
Ilustrasi mega tsunami. (Pixabay/ Elias Sch)

Hitekno.com - Saat ini, Mars dikenal sebagai planet yang kering dan berdebu. Namun, miliaran tahun lalu, Mars dipercaya merupakan samudra luas dan pernah terjadi mega tsunami sebagai akibat dari hantaman meteor.

Teori baru mengenai Mars penuh dengan samudra dan pernah dihantam meteor berasal dari sebuah penelitian yang telah diterbitkan di Journal of Geophysical Research: Planets.

Ilmuwan beserta tim yang berasal dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis mengeluarkan teori baru yang mungkin akan mengagetkan banyak orang.

Dipimpin oleh ahli geomorfologi planet, Dr. François Costard, tim peneliti menyelidiki sebuah kawah kuno di Mars bernama Kawah Lomonosov.

Kawah dengan lebar sekitar 75 mil atau 120 kilometer tersebut diyakini sebagai titik awal benturan meteor yang menyebabkan sebagian besar permukaan Mars terkena mega tsunami.

Ilustrasi planet penuh air. (Pixabay/ 95C)
Ilustrasi planet penuh air. (Pixabay/ 95C)

 

Reputasi Kawah Lomonosov di Mars menyamai reputasi Kawah Chicxulub yang ada di Semenanjung Yukatan, Meksiko (Bumi).

Kawah Chicxulub yang mempunyai diameter 180 kilometer diyakini oleh ilmuwan sebagai tempat tabrakan meteor yang akhirnya memusnahkan semua dinosaurus.

Penelitian ilmuwan mengenai mega tsunami di Mars diawali dengan penelitian geologis beberapa rover Mars (kendaraan robot) di delta sungai kuno kutub utara Mars.

Ilmuwan menemukan bahwa 3,7 miliar tahun lalu, terdapat bukti geologis yang menyatakan bahwa daerah tersebut terdapat samudra luas.

Kawah Losmonosov dicurigai sebagai titik awal pemicu mega tsunami di Mars. (NASA/ JPL Caltech)
Kawah Losmonosov dicurigai sebagai titik awal pemicu mega tsunami di Mars. (NASA/ JPL Caltech)

 

Dikutip dari Futurism, para peneliti juga memberikan teori baru yang menyatakan bahwa 3 miliar tahun lalu, mega tsunami setinggi gedung pencakar langit pernah menenggelamkan Mars.

Sebuah meteor yang menabrak daerah yang kini menjadi Kawah Lomonosov dipercaya sebagai titik awal bencana super besar yang menimpa Mars.

Lingkar Kawah Lomonosov memiliki tinggi yang sama dengan kedalaman laut.

Kawah tersebut juga secara fisik hampir sama dan bahkan menyerupai kawah laut di Bumi.

Penelitian mengenai mega tsunami ini membuat ilmuwan yakin bahwa sedimen rahasia kehidupan masa lampau di Mars dapat ditemukan di belahan kutub utara Planet Merah.

Berita Terkait